Minggu , 28 Mei 2017
Home » Berita Foto » Bupati Soekirman: Tingkatkan Pembangunan Desa Yang Telah Berhasil di Kembangkan

Bupati Soekirman: Tingkatkan Pembangunan Desa Yang Telah Berhasil di Kembangkan

Keterangan Gambar: PHOTO BERSAMA: Bupati Sergai Ir.H.Soekirman didampingi Sekdakab Drs. H.Haris Fadillah M.Si,photo bersama dengan Anggota DPD RI Parlindungan Purba, SH, MH, Suroto Eko, S.IP, M.Si Tim Ahli Pansus UU Desa, Ketua Bitra Indonesia Ir. Sebastian Saragih M.Sc, Ketua Bitra Sumut Wahyudi, Kacab Bank Sumut Sei Rampah Drs.T.Ade Maulanza serta unsur FKPD disela-sela kegiatan Seminar Sehari Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang dilaksanakan di Pusat Pelatihan Peternakan Terpadu (PPPT) Desa Mangga Dua Kecamatan Tanjung Beringin, Kamis (5/3)
Keterangan Gambar:
Photo bersama: Bupati Sergai Ir.H.Soekirman didampingi Sekdakab Drs. H.Haris Fadillah M.Si,photo bersama dengan Anggota DPD RI Parlindungan Purba, SH, MH, Suroto Eko, S.IP, M.Si Tim Ahli Pansus UU Desa, Ketua Bitra Indonesia Ir. Sebastian Saragih M.Sc, Ketua Bitra Sumut Wahyudi, Kacab Bank Sumut Sei Rampah Drs.T.Ade Maulanza serta unsur FKPD disela-sela kegiatan Seminar Sehari Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang dilaksanakan di Pusat Pelatihan Peternakan Terpadu (PPPT) Desa Mangga Dua Kecamatan Tanjung Beringin, Kamis (5/3)

-Seminar Sehari UU Nomor 6 Tahun 2014.
SERGAI,Sidaknews.com – Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan motivasi para penyelenggara Pemerintahan Desa, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) bekerjasama dengan Yayasan Bina Keterampilan Pedesaan (Bitra) Indonesia menggelar Seminar Sehari Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang dilaksanakan di Pusat Pelatihan Peternakan Terpadu (PPPT) Desa Mangga Dua Kecamatan Tanjung Beringin, Kamis (5/3).

Acara yang dibuka secara resmi oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman turut dihadiri Anggota DPD RI Parlindungan Purba, SH, MH, Ketua Bitra Indonesia Ir. Sebastian Saragih M.Sc, Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar ST, Kasdim 0204/DS Thamrin Hasibuan, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah M.Si, Narasumber Suroto Eko, S.IP, M.Si Tim Ahli Pansus UU Desa, Sarijo, SE Pokja Ahli Dewan Ketahanan Pangan Pusat, mewakili Kapolres Sergai, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny. Sri S Syahrianto.

Dan Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, Kacab Bank Sumut Sei Rampah Drs. T. Ade Maulanza, mewakili Kepala BPJS Cabang Tanjung Morawa, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, Camat dan Kades se-Sergai, Himasdat, Ormas, Karang Taruna, Tagana, Paguyuban Temu Kangen, Suko Budoyo, Perhiptani, P3A serta ribuan masyarakat dari berbagai kalangan dan Ormas di Kabupaten Sergai.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam arahannya mengemukakan acara seminar sehari UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dengan tema “Undang-Undang Desa Sebagai alat Kemandirian Desa dan Kesejahteraan Rakyat” ini perlu dipahami secara seksama karena UU ini memberikan keleluasaan bagi Desa untuk mengurus dan mengatur rumah tangganya sendiri serta menjadikan perangkat Desa itu jadi lebih mandiri.

Dengan kemandirian yang dimiliki Desa, maka Desa akan dapat menjalankan roda pemerintahannya dengan kekuatan sendiri, karena kemandirian tidak hanya diukur dari kewenangan tetapi juga bagaimana kewenangan dapat dilaksanakan menggunakan sumber daya yang dimiliki, papar Bupati Sergai.

Bupati Soekirman berharap dengan adanya UU Desa ini, keinginan dalam mendorong kesejahteraan dan kemandirian Desa dapat lebih cepat tercapai. Disamping itu otonomi Desa harus dimanfaatkan secara maksimal untuk mengembangkan diri, menggali potensi-potensi yang dimiliki oleh Desa sehingga pada akhirnya akan mampu menunjang implementasi otonomi daerah secara luas.

Diakhir sambutannya Bupati Soekirman berujar bahwa pembangunan di Desa yang sudah berhasil baik dari segi perekonomian maupun segi pendidikan begitupun dengan sarana dan prasarana lainnya hendaknya terus dikembangkan dan ditingkatkan.

Kepada stakeholder dan masyarakat harus saling bekerjasama dan saling kompak agar tujuan maupun cita-cita pembangunan yang diinginkan oleh masyarakat Sergai dapat tercapai.

Sebelumnya Ketua Bitra Indonesia Ir. Sebastian Saragih M.Sc dalam sambutannya mengutarakan bahwa Bitra selalu melakukan pendampingan serta mempromosikan program-program kegiatan yang ada di pedesaan sekaligus mengembangkan sumber daya alam maupun sumber daya manusia dengan tujuan meningkatkan taraf hidup, kesejahteraan sosial dan martabat dalam pembangunan yang berkelanjutan.

Disamping itu juga Bitra selalu meneguhkan dan memperkuat partisipasi masyarakat marginal dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi.

Dalam kesempatan yang sama Kepala BPMPD selaku ketua panitia penyelenggara dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan digelarnya seminar ini diantaranya adalah agar UU No 6 tahun 2014 ini dapat dipahami dan diimplementasikan dengan baik oleh seluruh Desa yang ada di Kabupaten tanah bertuah negeri beradat ini.

Sedangkan hasil yang diharapkan agar terwujudnya pembangunan Desa yang pola partisipatif dan terwujudnya kemadirian Desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Wan)

Check Also

Basrah Serahkan Bukti Baru, BPH Penuhi Panggilan Polres Kota Padangsidimpuan

Padangsidimpuan, sidaknews.com – Polres Kota Padangsidimpuan kembali menerima tambahan bukti-bukti yang menguatkan pemilik Nomor HP …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *