Home » Berita Foto » Caleg yang dirugikan, Silakan Lapor ke Ombudsmen

Caleg yang dirugikan, Silakan Lapor ke Ombudsmen

fhoto: Ombudsman RI
Ilustrasi fhoto: Ombudsman RI

Tanjungpinang,Sidaknews.com – Jika Caleg merasa dirugikan dalam pemilihan umum legislatif (Pileg) pada 9 April 2014 kemarin untuk mengcomplain pihak penyelenggara pemilu yang ada di daerahnya masing – masing. Ombudsmen perwakilan Provinsi Kepulauan Riau mempersilahkan para calon anggota legislatif (Caleg) untuk melaporkannya.

“Bagi caleg yang merasa dirugikan di Kota Tanjungpinang, mereka berhak complain pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU), PPK, KPPS, Panwaslu, Bawaslu dan DKPP,” ujar Asisten Ombudsmen Perwakilan Provinsi Kepri, Amir Mahmud, Sabtu (19/4) kepada wartawan.

Ia mengatakan, complain yang dilakukan itu juga harus sesuai dengan jenis, tempat dan substansi permasalahan yang dialami oleh caleg bersangkutan.

“Nah, apabila complain tersebut tidak mendapat penanganan yang semestinya dari KPU, Panwaslu, Bawaslu, serta DKPP, yang bersangkutan dapat melaporkan kepada Ombudsmen,” katanya.

Sementara, kata dia, pengawasan terhadap dugaan kecurangan yang dilakukan para caleg, Ombudsmen tidak ada kewenangan untuk memprosesnya. Dalam hal pemilihan legislatif, kewenangan Ombudsmen terbatas pada pengawasan institusi penyelenggara pemilu yakni KPU dan unit turunannya. Serta pengawasan terhadap institusi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan DKPP.

“Ombudsmen berwenang memeriksa laporan masyarakat atas pelayanan institusi – institusi tersebut,” ucapnya.(IK)

Check Also

Ilustrasi. Foto: Dok

Terbukti Edarkan Narkoba, Herman Dibui Delapan Tahun

Tanjungpinang, sidaknews.com – Terbukti bersalah memiliki dan mengedarkan narkoba, terdakwa Herman alias Babe (56) dihukum …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>