Selasa , 23 Mei 2017
Home » Berita Foto » Cara Mengatasi Sakit Saat Persalinan

Cara Mengatasi Sakit Saat Persalinan

Reny Faslina Prodi D3 Kebidanan Stikes Hangtuah Pekanbaru
Reny Faslina
Prodi D3 Kebidanan Stikes Hangtuah Pekanbaru

TANJUNG BATU,Sidak News : Salah satu proses yang akan dihadapi ibu hamil menjelang persalinan adalah kontraksi, Sakit yang dialami saat kontraksi sebagai akibat dari dorongan dari dalam perut oleh bayi yang hendak lahir. Kontraksi yang dialami seorang ibu berbeda antara satu dan yang lainnya tergantung pada kekuatan ibu dalam menghadapi rasa sakit yang dirasakan, untuk mengatasi  sakit saat persalinan dapat dengan beberapa cara berikut ini:

1.      Membenamkan diri di air

Berendam di dalam air hangat menjelang persalinan cukup efektif mengurangi nyeri.  Air  dapat mengatasi sakit selama persalinan. Ada beberapa alasan yaitu: air   membuat ibu menjadi rileks, otot-otot ibu mengendur, ibu merasa bisa mengontrol diri,  memudahkan ibu bergerak, air hangat mengurangi rasa sakit, kulit perineum menjadi  lebih lembut, adanya daya gravitasi yang mempercepat kelahiran, air mirip dengan  ketuban sehingga bayi tidak trauma.

2.      Buat bebunyian.

Ketika sedang kesakitan, perempuan yang menghadapi persalinan kerap mengeluarkan suara- suara atau rintihan yang malah membuat tak nyaman. Coba turunkan pundak, dan  buatlah suara-suara yang dalam dan rendah untuk membantu anda bernapas lebih dalam, dan merilekskan otot-otot panggul Anda. Dalam persalinan,  ibu harus menjaga ritme  pernapasan. Jangan sampai durasi menarik napas lebih panjang dari durasi  menghembuskan. Tetapi hal ini sulit untuk dikontrol apabila sedang kontraksi, sehingga  napas ibu menjadi lebih pendek.

3.      Ubah posisi Anda.

Anda perlu mencoba posisi yang tidak menentang gravitasi, seperti membuka panggul. Caranya, duduklah bersandar di dinding, di sandaran kursi, atau pada  tubuh suami

4.      Minta dukungan.

Kebanyakan ibu hamil yang menjelang persalinan tidak ditemani dokter, bidan,  atau perawat, sampai tiba waktunya untuk mengejan. Meminta suami, ibu, atau saudara perempuan menemani bisa cukup membantu

5.      Lakukan pijatan.

Pemijatan yang baik, jika dilakukan dengan tekanan yang konsisten dan mengarah ke bawah. Anda bisa duduk sambil memeluk bantal atau menghadap sandaran kursi,  sementara pasangan memijat punggung dan pinggul Anda. Duduklah di kursi yang   menghadap terbalik ke belakang, dan dengan kedua kaki anda mengangkang. Rebahkan  kepala di atas tangan yang terlipat pada sandaran kursi. Bisa anda alasi kursi dan sandaran  kursi dengan bantal-bantal agar kepala dan tangan tidak sakit. Suami dapat memijat  punggung anda.

6.      Pikirkan hal-hal yang menyenangkan.

Oksitosin, hormon yang menyebabkan kontraksi, juga dilepaskan saat Anda  dipijat, orgasme, jatuh cinta, dan ketika Anda merasa aman.

7.      Pilih tim Anda dengan hati-hati.

Bidan, dokter kandungan, perawat, dan orang yang dicintai, akan menciptakan tim Kelahiran yang mendukung.

8.      Perkaya informasi tentang melahirkan.

Cari tahu segala sesuatu tentang persalinan dari buku, majalah, situs, atau  diskusi dengan penyedia layanan kesehatan Anda seperti dokter atau bidan

9.       Terus bergerak.

Bergerak sebanyak yang Anda bisa. Berjalan-jalan di sekitar ruangan, tidur menyamping, atau berjongkok. Teruslah bergerak agar sirkulasi darah meningkat, nyeri punggung berkurang, dan perhatian teralih dari rasa nyeri. Cobalah berbagai posisi  persalinan, gunakan bantal untuk menyangga sampai diperoleh posisi yang paling nyaman.

10.  Kompres hangat atau dingin

Tempatkan kompres air hangat di bawah punggung, pangkal, paha, perut, atau bawah bahu, selama persalinan, Atau mintalah suami untuk memegangkan sebuah botol  berisi air panas yang ditempelkan pada bagian bawah punggung anda.

11.  Perbanyaklah berzikir.

Berdoa dan berserah diri kepada Tuhan.

Nikmati kehamilan sebagai karunia yang besar, amanah yang harus dijaga, dan ujian yang akan membuahkan pahala. Perasaan yang tenang dan santai dengan berserah diri kepada Tuhan adalah tips terbaik, Mengurangi Rasa Sakit  saat Persalinan bahkan beberapa kehamilan bermasalah dapat dilakukan persalinan dengan normal. Semakin tenang perasaan anda, persalinan akan menjadi lebih mudah.(reni)

Check Also

Jelang Ramadhan, Rumah Makan dan Tempat Hiburan di Bintan Ditertibkan

Bintan, sidaknews.com – Memasuki bulan suci Ramadan pemerintah daerah (Pemkab) Kabupaten Bintan. Satuan Polisi Pamong …

One comment

  1. Si ibu akan disucikan ketika melahirkan. Banyak ibu merasa khawatir ketika akan melahirkan sehingga dilakukan berbagai cara untuk mengurangi rasa sakit, bahkan ada juga meminta operasi caesar saja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *