Selasa , 23 Mei 2017
Home » Berita Foto » Cellica : Karawang Perlu Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal

Cellica : Karawang Perlu Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal

Cellica : Karawang Perlu Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal
Wakil Bupati Karawang, Dr. Cellecia Nurachadiana, Saat Mengisi Acara Seminar Kebangsaan Di Gereja Katholik Kristus Raja Karawang.

Karawang, Sidaknews.com – Meski ribuan pabrik sudah berdiri dan menjamur di Karawang namun dinilai masih belum bisa menjaring tenaga kerja lokal warga Karawang. Hal itu terjadi akibat minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) warga Karawang yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Demikian diungkapkan Wakil Bupati Karawang Dr. Cellica Nurachadiana saat mengisi acara Seminar Kebangsaan di Gereja Katholik Kristus Raja Karawang Minggu (18/5) siang.

Cellica mengatakan, untuk mengatasi permasalahan tersebut yang perlu dilakukan pemerintah daerah yaitu melakukan revolusi kultural serta mengembalikan pendidikan berbasis kultural bagi para pelajar.

“Kedepan harus ada pembekalan anak didik tentang pengetahuan kearifan lokal seperti yang sudah dilakukan di Purwakarta,” ujar Cellica.

Purwakarta saat ini sudah menerapkan sistim pendidikan kearifan lokal dengan memberikan satu ekor domba bagi satu anak sekolah dasar.

Anak yang diberikan domba oleh pemerintah daerah tersebut diberikan pengetahuan tentang bagaimana mengurus domba sehingga mendapatkan keturunan dan nantinya bisa dijual dan bisa menghasilkan uang untuk anak tersebut. Dan hal itu menurut Cellica perlu ditiru oleh pemerintah Kabupaten Karawang.

Cellica mencontohkan, Karawang dikernal sebagai Kota Lumbung Padi. Maka kedepan anak perlu diberikan pengetahuan bagaimana cara pembibitan, menanam padi dan lain-lain. Sehingga jika pendidikan kearifan lokal diterapkan, maka menurutnya akan mengurangi pengangguran yang saat ini terjadi di Karawang.

“Jadi jangan aneh, kalau saat ini banyak warga Karawang yang sudah sarjana tapi sulit mendapatkan pekerjaan di Karawang, hal itu karena tidak ada pendidikan berbasis kearifan lokal. Dan itu harus menjadi pemikiran kita selaku pemerintah kedepan,” katanya.

Menurut Cellica, selain masih banyaknya pengangguran, fenomena yang terjadi di Karawang saat ini adalah maraknya aksi kriminalitas. Misal saja banyaknya peredaran kasus narkoba sepereti di Cikampek, Cilamaya dan daerah lainnya di Karawang akibat masih banyaknya pengangguran.

Sehingga setelah adanya pendidikan berbasis kearifan lokal, selanjutnya pemerintah bisa menyediakan Balai Latihan Kerja (BLK) yang bisa menjaring potensi warga Karawang dan bisa bekerja di daerah sendiri yaitu di Karawang. (ega nugraha)

Check Also

Jelang Ramadhan, Rumah Makan dan Tempat Hiburan di Bintan Ditertibkan

Bintan, sidaknews.com – Memasuki bulan suci Ramadan pemerintah daerah (Pemkab) Kabupaten Bintan. Satuan Polisi Pamong …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *