Kamis , 23 Maret 2017
Home » Berita Foto » Cemari Lingkungan Sekitar, PT TPA Karawang Disegel Polisi dan Warga

Cemari Lingkungan Sekitar, PT TPA Karawang Disegel Polisi dan Warga

Keterangan foto: PT. TPA Karawang Disegel Polisi dan Warga.
Keterangan foto: PT. TPA Karawang Disegel Polisi dan Warga.

KARAWANG,sidaknews.com – Sebuah lahan urugan di dalam kompleks PT. Triguna Pratama Abadi (TPA), Desa Gintungkerta Kacamatan Klari, Karawang Jawa Barat, dipoliceline Polres setempat.

Policeline dilakukan menyusul laporan warga atas dugaan aksi kejahatan lingkungan yang dilakukan sebuah perusahaan transportir sekaligus pengolahan limbah B3 di Karawang.

“Warga merasa yakin kalau urugan tanah di lahan proyek pabrik yang berada di dalam pabrik PT. TPA, adalah limbah B3 dari produksi kertas.,” ujar Kepala Desa Gintungkerta Kecamatan Klari, Lili Ahmad Hambali, Minggu (14/12) di lokasi.

Dikatakan Lili, ihwal pelaporan warga ke Polres Karawang, diawali dari adanya bau menyengat di sekitar pabrik PT. TPA. Tak hanya itu, bau menyengat juga dirasakan warga di pemukiman yang dilalui truk pengangkut urugan lahan di proyek pabrik tersebut.

“Di mobil pengangkut urugan itu tertulis nama perusahaan tranportir yang juga pengolah limbah B3, yakni PT. Tenang Jaya Sejahtera,” lanjut Lili.

Puncaknya, pada Rabu (10/12), warga bersama aparat desa setempat melakukan aksi ke lokasi dan menyegel pabrik PT. TPA. Dalam aksi tersebut, warga juga memberhentikan truk-truk pengangkut urugan limbah B3 yang akan ditimbun di urugan proyek pabrik PT. TPA.

“Usai aksi, kami langsung ke Mapolres Karawang, melaporkan perusahaan penimbun limbah B3 itu. Dan sehari kemudian, aparat Polres Karawang mempoliceline lahan tersebut,” kata Lili.

Di tempat terpisah, Kapolres Karawang, AKBP Daddy Hartadi mengatakan, pihaknya tak akan main-main terhadap pelaku pencemaran lingkungan.

“Pencemaran lingkungan merupakan kejahatan lingkungan. Kami tak akan main-main dengan hal yang seperti ini,” ujar Kapolres.

Dari pantauan, hingga Minggu (14/12), lahan tersebut masih dipoliceline. Sementara urugan limbah B3 di lahan proyek pabrik itu belum juga di-clean up.

Sementata itu, Manager Ekspor Impor PT. TPA, Adi Cahyono, mengatakan, pihaknya tak tahu apa-apa terkait adanya limbah B3 yang diurug di proyek pabriknya.(Karla)

 

 

Check Also

Peneliti Jaringan Survei Inisiatif, Aryos Nivada

Aryos: Sengketa Hasil Pilkada Kewenangan MK, Bukan Wewenang Mahkamah Internasional

Banda Aceh, sidaknews.com – Menyikapi statemen dari Bale Seumike Aneuk Nanggroe (BESAN) yang mengancam akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>