Home » Berita Foto » Daerah Tujuan Wisata Agro Harapan Besar, Masyarakat Kampung Pa’batteang

Daerah Tujuan Wisata Agro Harapan Besar, Masyarakat Kampung Pa’batteang

Keterangan Gambar:Kenari Salah Satu Komoditi Tanaman Andalan Masyarakat Kampung Pa'batteang
Keterangan Gambar:Kenari Salah Satu Komoditi Tanaman Andalan Masyarakat Kampung Pa’batteang.

Kepulauan Selayar,sidaknews.com – Letaknya memang berada jauh, terpencil dan terisolir di pelosok sebelah utara pusat ibukota kabupaten. Nama wilayahnya pun tidak tersohor daerah-daerah lain di Indonesia. Namun siapa sangka, jikalau kampung Pa’batteang menyimpan begitu banyak potensi ditengah luasnya hamparan lahan tidur tak tergarap.

Kultur lahan perkebunan yang subur dengan daya dukung sumber mata air memadai serta suhu alam yang sejuk dan dingin membuat hampir semua jenis tanaman holtikultura tumbuh subur di wilayah ini.

Pesona pemandangan alam perbukitan bernuansa asri nun hijau yang dikelilingi anak sungai dan luasan lahan perkebunan merupakan sebahagian kecil deskripsi keberadaan Dusun Pa’batteang salah satu kampung tradisional yang secara administratif berada di wilayah pemerintahan Desa Lalang Bata.

Berbagai tanaman holtikultura seperti kenari, labusiam, kelapa, nangka, ubi jalar, ubi kayu, salak, sirsak, kakao, jambu mente, vanili, pala, cengkeh, labu, kol, serta kedondong tumbuh subur dan dapat ditemui dengan mudah di beberapa lahan perkebunan milik warga masyarakat petani setempat.

Sejumlah tanaman hortikultura lain sejenis terong, cabai, tomat, belimbing, jeruk nipis, srikaya, nanas, dan delima juga dapat dijumpai dari lahan perkebunan yang saat ini tengah ditumbuh kembangkan oleh anggota kelompok tani Samaturu’e, Dusun Pa’batteang.

Sadar akan keragaman potensi perkebunan tersebut warga masyarakat petani lokal berharap, agar saban hari kampung Pa’batteang dapat ditetapkan sebagai kawasan kunjungan wisata agro.

Mereka berharap, Pemerintah kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan dapat secara maksimal memainkan peran kebijakan strategisnya guna meyakinkan kementerian dan instansi teknis terkait di level pemerintahan pusat dan provinsi untuk bersama-sama merumuskan kebijakan penetapan Kampung Pa’batteang sebagai daerah tujuan wisata agro.

Peran kebijakan lain diharapkan berpihak pada upaya perampungan beberapa ruas jalan pertanian dan perkampungan yang masih lumayan memprihatinkan dengan kondisi medan mendaki, berkelok dan berbatu.

Sementara itu, hampir sepertiga penduduk kampung Pa’batteang menggantungkan harapan kehidupannya dari mata pencaharian sebagai seorang petani kebun, peternak sapi, kambing dan ayam kampung. (fadly syarif)

 

 

Check Also

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menaiki becak motor menuju gedung

Sah! Kapolri Dianugerahkan Gelar Datok Perdana Satria Wangsa

Tanjungpinang, sidaknews.com –  Kapolri Jenderal Tito Karnavian resmi dianugerahi gelar kehormatan Datok Perdana Satria Wangsa …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>