Senin , 27 Maret 2017
Home » Berita Foto » Dalam Memperingati KHN Ke-50 Pemkab Tanjab Barat Berikan Penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan

Dalam Memperingati KHN Ke-50 Pemkab Tanjab Barat Berikan Penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan

Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat  Drs.H.Muklis M.Si Disaat Penyerahan Tropi Kepada Tenaga Kesehatan Teladan  (HKN) Ke - 50
Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Drs.H.Muklis M.Si Disaat Penyerahan Tropi Kepada Tenaga Kesehatan Teladan (HKN) Ke – 50

KUALA TUNGKAL,Sidaknews.com – Pemkab Tanjung Jabung Barat memberikan penghargaan kepada para tenaga kesehatan sempena peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-50.

Pemberian penghargaan diserahkan langsung oleh Seretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Drs. H. Muklis, M.Si pada saat Upacara Bendera Peringatan HKN Ke-50 bertempat di Halaman Kantor Bupati Tanjung Jabung Barat, Senin (17/11).

H. Muklis, selaku inspektur upacara membacakan pidato Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof. dr. Nila F. Moeloek, Sp.M menyampaikan peringatan ulang tahun emas.

HKN ini dimaksudkan untuk menjadikan perjalanan pembangunan Kesehatan Indonesia selama setengah abad terakhir ini, sebagai inspirasi untuk mempercepat terwujudnya bangsa Indonesia yang sehat jasmani, rohani, dan sosial, serta bermutu, produktif, dan berdaya saing tinggi.

Percepatan ini dilaksanakan dengan mengutamakan upaya promotif-preventif dalam pembangunan kesehatan agar perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS benar-benar diterapkan setiap waktu dan sepanjang hayat oleh seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, tema yang diangkat untuk peringatan HKN ke-50 adalah Sehat Bangsaku Sehat Negeriku.

Lebih lanjut kata Sekda Muklis, upaya mewujudkan bangsa dan negeri Indonesia yang sehat sejahtera adalah tanggung jawab seluruh komponen masyarakat. Untuk maksud tersebut, pada peringatan HKN ke-50, dilakukan upaya menggelorakan semangat untuk mengutamakan upaya promotif-preventif serta melaksanakannya dengan sungguh-sungguh dengan komitmen kuat.

Upaya ini ditujukan kepada para pengambil keputusan di jajaran pemerintah pusat dan daerah, petugas kesehatan, dan seluruh lapisan masyarakat, termasuk organisasi kemasyarakatan, kalangan swasta/ dunia usaha, serta para penggiat dunia maya.

“Peringatan HKN ke-50 ini juga diharapkan dapat berlangsung sukses dengan sederhana tapi meriah di seluruh Indonesia dengan melibatkan semua lapisan masyarakat, di samping itu tambahnya, peringatan HKN ke-50 ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk mensosialisasikan setiap kebijakan pembangunan yang berwawasan kesehatan.

Dan memperkenalkan program- program kesehatan, guna mendapatkan dukungan politis serta dukungan sumber daya dari seluruh jajaran pemerintah di pusat dan daerah, guna mensukseskan pembangunan kesehatan.

Disebutkan, disamping beberapa faktor determinan sosial yang belum bisa diselesaikan semuanya, seperti penyediaan air bersih, sanitasi rumah tangga, ketahanan pangan, akses informasi dan pendidikan khususnya bagi perempuan, perilaku masyarakat terkait merokok, pola makan dan pola konsumsi.

Usai upacara dilanjutkan dengan penyerhan piala dan uang pembinan kepada tenaga kesehatan teladan, perawat teladan, tenaga gizi teladan serta desa berprilaku PHBS tahun 2014. Yang didasarkan pada KepBup Nomor 441.3/668/Dinkes/2014 tentang Tenaga Kesehatan Teladan dan Puskesmas Berprestasi.

Kategori Dokter Teladan:
Teladan I : dr. Silvi Zalerti PKM Pijoan Baru Piala dan UP Rp. 1 jta
Teladan II : dr. Imanuel PKM Lubuk Kambing Piala dan UP Rp. 750
Teladan III : dr. Mangasi Sagala PKM Sukarejo Piala dan UP Rp. 500
Kategori Tenaga Perawat Teladan
Teladan I : Rismiati PKM Merlung Piala dan UP Rp. 1 jta
Teladan II : Bachtiar PKM Purwodadi Piala dan UP Rp. 750
Teladan III : Tulus Roberto PKM Sungai Saren Piala dan UP Rp. 500
Kategori Tenaga Kesehatan Masyarakat Teladan
Teladan I : Susi Saputi PKM Pijoan Baru Piala dan UP Rp. 1 jta
Teladan II : Patmawati PKM Sungai Saren Piala dan UP Rp. 750
Teladan III : Kartika, SKM PKM Tungkal V Piala dan UP Rp. 500
Kategori Tenaga Gizi Teladan
Teladan I : Lisbety PKM Parit Deli Piala dan UP Rp. 1 jta
Teladan II : Supirson PKM Merlung Piala dan UP Rp. 750
Kategori Puskesmas Berprestasi
Puskesms Tungkal II Piala dan UP Rp. 1,5 juta
Selanjutnya Desa berprestasi PHBS sesuai dengan KepBup Nomor 441.7/548/Dinkes/2014 tentang Pemenang Lomba Desa PHBS adalah sebagai berikut :
Teladan I : Desa Sungai Keruh wilayah kerja Purwodadi Piala dan UP Rp. 5 juta
Teladan II : Desa Pematang Balam wilayah kerja Bukit Indah Piala dan UP Rp. 3 juta
Teladan III : Desa Suka Damai wilayah kerja Pijoan Baru Piala dan UP Rp. 1 juta
Teladan IV : Desa Sungai Pampang wilayah kerja Teluk Nilau hanya mendapatkan Piala
Teladan V : Desa Suak Labu wilayah kerja Parit Deli hanya mendapatkan Piala
Teladan VI : Desa Rantau Benar wilayah kerja Lubuk Kambing hanya mendapatkan Piala

Kepada seluruh tenaga kesehatan yang meraih penghargaan, Sekda mengingatkan untuk tidak terlena. Bahkan sebaliknya terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Petugas kesehatan adalah pejuang kemanusiaan yang dengan bangga dan tulus-ikhlas mengabdikan ilmu pengetahuan dan keterampilannya bagi kesejahteraan sesama – dengan memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat.” Tegas Muklis. (Humas Tjb Barat)

 

Check Also

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin menyerahkan trophy dan bantuan pembinaan kepada Joki dan kuda pemenang

Kualitas Pacuan Kuda Tradisional Gayo akan Terus Ditingkatkan

Takengon, sidaknews.com – Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin mengatakan kualitas pacuan kuda tradisional Gayo akan terus …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>