Home » Berita Foto » Dana Prototype Desa Pasirtalaga Disunat 40 Juta

Dana Prototype Desa Pasirtalaga Disunat 40 Juta

Ilustrasi.
Ilustrasi: Kades.

KARAWANG,Sidaknews.com – Dana prototype pembangunan Desa Pasirtalaga Kecamatan Telagasari yang total bantuannya mencapai Rp 400 Juta dipotong oknum mantan kepala desa dan pjs kades setempat sebanyak 10 persen yaitu Rp 40 Juta.

Dana prototype dari APBD Kabupaten Karawang yang diturunkan pada bulan Desember 2013 itu diturunkan kepada pihak desa selama dua tahap.Pertama cair sebanyak Rp 240 juta dan sisanya cair pada bulan September 2014 lalu.

Pemotongan dana prototype pembangunan kantor desa ini diungkapkan sendiri oleh seksi pembangunan Kantor Desa Pasirtalaga Ispandi di kediamannya di Kampung Pasirtalaga Desa Pasirtalaga Kecamatan Telagasari.

Adapun alasan dirinya mau mengungkapkan pemotongan dana bantuan ini oleh oknum mantan kepala desa dan pjs kades serta beberapa staf desa ini lantaran dirinya merasa kecewa karena dituduh korupsi oleh sekelompok masyarakat di desanya tersebut.

“Sengaja saya buka ke publik,supaya masyarakat tahu bahwa yang sebenarnya korupsi itu ya mereka (aparat desa),” ujar Ispandi.

Ispandi menjelaskan,tuduhan kepada dirinya itu berawal ketika dirinya mencari dana tambahan untuk membangun desa ke pihak lain.Karena menurut dia,dana yang ada tidak mencukupi untuk membangun kantor desa yang kualitas bangunannya sangat bagus eperti yang diinginkan oleh kepala desa.

Namun bukannya bersyukur,kata Ispandi,justru masyarakat dan pihak desa malah menuduh dirinya melakukan korupsi,sehingga terpaksa ia membeberkan kasus ini ke publik.

“Saya diminta mereka untuk membangun dengan kualitas bagus,tapi dana yang seharusnya Rp 400 Juta malah mereka potong 40 Juta,” cetus Ispandi.

Pemotongan oleh knum aparat desa itu lanjut dia modusnya adalah untuk dana koordinasi kades saat itu.Meski ia sendiri bingung dana koordinasi apa yang sebenarnya dimaksud oleh kades Pasirtalaga yang sat itu dijabat oleh Didi Maryadi yang saat ini sudah tidak menjabat.

Bahkan Ispandi memiliki data dan bukti tertulis terkait adanya pemotongan dana prototype tersebut oleh aparat desa setempat saat itu.Bahkan dalam waktu dekat ia bersama masyarakat akan membawa bukti itu untuk dilaporkan ke Polres Karawang dan Kejaksaan.

“Ya supaya terang benderang aja,makanya saya mau lapor supaya jelas siapa sebenarnya yang korupsi,” katanya.

Sementara itu,Radar Karawang juga sempat menerima data dari Ispandi terkait mengalir ke siapa saja dana Rp 40 Juta tersebut.Salah satunya tercatat masuk ke Didi selaku kades saat itu serta kepada Pjs Desa Pasirtalaga yang pertama yaitu Toha serta puluhan nama lain juga terdaftar menerima aliran dana Rp 40 Juta ini termasuk pejabat BPD dan lainnya.

Ketika hendak dikonfirmasi Pjs Kades Pasirtalaga dan aparat lainnya sekitar pukul 16.30 WIB,Kantor Desa Pasir Talaga sudah terlihat sepi,bahkan beberapa pekerja yang mengerjakan pembangunan kantor desa juga sudah tidak terlihat.(karla)

Check Also

Calon Wakil Gubernur Aceh, Nasaruddin ketika berbicara dihadapan perwakilan masyarakat Pegasing.

Warga Pegasing Aceh Tengah Sepakat Dukung AZAN

Takengon, sidaknews. com – Perwakilan warga Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah menyatakan dukungan untuk pasangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>