Home » Berita Foto » Dandim 0317 TBK Berikan Ceramah ke Mahasiswa Universitas Karimun

Dandim 0317 TBK Berikan Ceramah ke Mahasiswa Universitas Karimun

-Peran generasi muda dalam menghadapi ancaman “Proxy War”

Ket foto berita: Dandim 0317 Tanjung Balai Karimun, Letkol Inf. Dec Jerry Manungkalit memberikan ceramah tentang ancaman kedepan dan peran generasi muda dalam menghadapi ancaman "Proxy War" kepada mahasiswa Universitas Karimun.
Keterangan foto : Dandim 0317 Tanjung Balai Karimun, Letkol Inf. Dec Jerry Manungkalit memberikan ceramah tentang ancaman kedepan dan peran generasi muda dalam menghadapi ancaman “Proxy War” kepada mahasiswa Universitas Karimun.

KARIMUN – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0317 Tanjung Balai Karimun, Letkol Inf. Dec Jerry Manungkalit memberikan ceramah tentang ancaman kedepan dan peran generasi muda dalam menghadapi ancaman “Proxy War” kepada mahasiswa Universitas Karimun (UK) mencapai 80 orang, Senin (23/2/2015) di ruang pertemuan perguruan tinggi tersebut.

Dalam ceramahnya Dandim 0317 TBK menyampaikan, proxy war merupakan suatu konfrontasi antara dua kekuatan besar dengan menggunakan pemain pengganti (pihak ketiga), seperti LSM, Ormas dan kelompok masyarakat lainnya. Hal itu dilakukan untuk mengurangi resiko konflik langsung pada kehancuran fatal.

“Saat ini perang konvensional antara dua negara kemungkinannya sangat kecil. Beberapa kepentingan kelompok saat ini mendorong munculnya perang-perang jenis baru, di antaranya perang asimetris, hibrida dan perang proxy (proxy war). Indikasi adanya proxy war diantaranya gerakan separatis, demonstrasi massa dan mahasiswa serta bentrok antar kelompok,” ungkapnya.

Dalam mengatasi datangnya proxy war lanjutnya, upaya yang terbaik dan paling sederhana adalah back to basic, cinta dan peduli terhadap kepentingan negara. Untuk itu mahasiswa sebagai pengawal bangsa, motor, warior kebangkitan dan perubahan seperti yang digelorakan para pemuda melalui Sumpah Pemuda.

“Sebagaimana yang digelorakan itu pemuda menjadi tokoh dan contoh dilingkungannya, mejaga ke Indonesiaan, Pancasila, Kebhinekaan maupun keberagaman,” tegasnya.

Lanjutnya, penduduk suatu negara di dunia cukup padat dan tidak imbang dengan ketersediaan pangan, air bersih serta energi. Maka dari itu di negara tersebut akan muncul konflik, dan akan dapat mengancam kedaulatan negara, sesuai dengan situasi dan kemajuan teknologi.

Sementara itu Rektor UK, Drs. Badru Syarikan. M.Pd dalam sambutannya sangat menyambut baik materi ceramah yang disampaikan Dandim 0317 TBK terhadap anak didiknya.

Badru panggilan akrbanya menyampaikan, mahasiswa adalah salah satu komponen masyarakat sebagai calon pengganti generasi yang saat ini sedang melaksanakan tugas negara, apakah nantinya sebagai birokrat,teknokrat atau dapat juga sebagai prajurit TNI maupun Polri.

“Dalam menuju Indonesia emas salah satunya yang dibutuhkan adalah mahasiswa. Oleh sebab itu mahasiswa yang lahir diharapkan menjadi sosok pemimpin bangsa berkarakter Pancasila, mempunyai kecintaan tinggi terhadap bangsa dan Negara, kemudian rela berkorban demi NKRI,” katanya mengakhiri.

Usai pemberian ceramah berlangsung hampir dua jam itu, acara diteruskan dengan tanya jawab. Dalam acara tersebut, mahasiswa cukup antusias sekali menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan.(KT)

Check Also

Drs. H. Dalmasri Syam, MM menyerahkan Dokumen Pelaksana Anggaran ( DPA ) untuk Tahun Anggaran 2017

Wakil Bupati Bintan Serahkan DPA Tahun 2017 ke SKPD

Bintan, sidaknews.com – Wakil Bupati Kabupaten Bintan Drs. H. Dalmasri Syam, MM menyerahkan Dokumen Pelaksana …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>