Home » Daerah » Babel » Dapat PPK-PPS , KPUD Sempat Kesulitan

Dapat PPK-PPS , KPUD Sempat Kesulitan

Dapat PPK-PPS , KPUD Sempat Kesulitan
Komisioner KPUD Beltim, Rizky Rinaldi, Ketika Berbicara Pada Acara Fasilitasi Media Di Hotel Simpang Empat, Manggar, Kamis (16/10) Kemarin.

Manggar, Sidaknews.com –  Tanggungjawab besar membuat Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Beltim kesulitan mendapatkan PPK, PPS sebagai perpanjangan tangan KPU dalam menjalankan tugas penyelenggaraan Pemilu. Namun, banyaknya bimbingan teknis yang diberikan membuat PPK dan PPS mampu menyelesaikan tugas tersebut.

Hal tersebut dikatakan Komisioner KPUD Beltim, Rizky Rinaldi ketika berbicara pada acara fasilitasi media yang diadakan di hotel Simpang Empat, Manggar, Kamis (16/10) kemarin. Menurutnya, persoalan tersebut merupakan hasil evaluasi pelaksanaan penyelenggaraan pemilu legislatif dan pilpres 2014.

“Pelaksana tingkat PPK dan PPS sudah melaksanakan sesuai tahapan dan jadwal. Dibuktikan dengan tidak adanya gugatan di MK maupun DKPP,” ujar Rizky yang juga membidangi divisi SDM, Kamis (16/10).

Sementara itu, untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Beltim yang bakal digelar tahun depan, KPUD Beltim sudah membuat rancangan tahapan dan program.

“Kami sudah membuat rancangan tahapan dan program untuk Pemilukada. Tapi mengingat peraturan UU sedang akan dibahas lagi dari DPR, maka kita akan menunggu,” terangnya.

Menurut Rizky, apapun hasil pembahasan di DPR, KPU sebagai penyelenggara pemilu tetap menyiapkan anggaran sesuai tahapan. Hal itu didasari pada tahapan yang harus dimulai awal tahun depan.

“Tetapi untuk tidak melewatkan bahwa kami KPU Beltim harus berencana, mengajukan keuangan kepada Pemda untuk tahapan pilkada nanti. Rencana kami, kalau sesuai dengan PKPU 10, Januari sudah dimulai,” ujar Rizky.

“Untuk tidak menyalahi aturan, ada tidaknya Pemilukada 2015 langsung yang diselenggarakan KPU, kami tidak disalahkan. Kalau ada kami jalankan, kalau tidak tentu tidak akan masuk (anggaran, red) ke KPU,” imbuhnya.

Sesuai amanat Undang-Undang, penyelenggara pemilu adalah KPU. Perkembangan isu yang menyatakan pemilu melalui DPRD tidak melibatkan KPU, juga dianggap tidak benar.

“Sebagaimana diamanatkan UUD 1945, diselenggarakan oleh KPU. Kita itu lembaga tetap mandiri. Harus amandemen (tugas penyelenggara pemilu) terlebih dahulu,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, KPUD juga mengapresiasi peran media. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua KPUD Beltim, Pirmawan dan seluruh komisioner. Sedangkan insan pers dihadiri seluruh media baik cetak maupun elektronik.

Pirmawan menjelaskan, KPUD Beltim dalam menyelenggarakan tahapan pemilu legislatif maupun pemilu presiden dan wakil presiden tidak terlepas dari kekurangan. Namun, publikasi yang dilakukan di media sangat membantu KPUD Beltim terutama berkaitan dengan penyampaian tahapan kepada pemilih dan masyarakat secara luas.

“Melalui kegiatan fasilitasi media kami menyampaikan apa saja yang telah kami lakukan dalam penyelenggaraan pemilu di Beltim. Kami juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada rekan-rekan (wartawan) yang mana sudah berperan aktif menyukseskan pemilu di Beltim dalam keadaan aman, lancar dan sukses,” ujar Pirmawan.

Melalui fasilitasi media, KPUD Beltim juga berharap mendapat evaluasi dari insan pers. Sebab sebagai penyelenggara pemilu, KPUD Beltim merasa perlu mendengar saran, masukan dan kritik yang membangun.

“Ada evaluasi juga bagi kami sebagai penyelenggara pemilu. Kami mohon maaf jika ada kekurangan selama penyelenggaraan pemilu legislatif dan pilpres,” sebutnya. (ANS)

Check Also

Ilustrasi. Foto: Dok

Terbukti Edarkan Narkoba, Herman Dibui Delapan Tahun

Tanjungpinang, sidaknews.com – Terbukti bersalah memiliki dan mengedarkan narkoba, terdakwa Herman alias Babe (56) dihukum …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>