Sabtu , 25 Maret 2017
Home » Daerah » Babel » Di Belitung, Beras terindikasi mengandung Klorin atau Zat Pemutih

Di Belitung, Beras terindikasi mengandung Klorin atau Zat Pemutih

Diharapkan BPOM segera bertindak

Ilustrasi Beras Bolog
Ilustrasi.

Tanjungpandan,Sidaknews.com – Bulan puasa tinggal menunggu hitungan Hari namun di Belitung kendatipun ketahanan pangan di Kabupaten Belitung dijamin relatip aman.

Namun sangat disayangkan, khusus untuk bahan pokok utamanya beras ada satu hal yang harus pantas dikhawatirkan dan diwaspadai beras yang beredar di Kabupaten Beltung diduga ada yang mengandung Klorin atau zat pemutih yang membahayakan kesehatan manusia.

Munculnya dugaan tersebut terutangkap dalam sebuah rapat Dewan Ketahan pangan Kabupaten Belitung. Dinas tanam pangan dan Holtikultura pertenakan, perkebunan, kehutanan dan ketahanan pangan (TPHP2KP) kabupaten Belitung pada Kamis (18/6) lalu.

Rapat ini membahas situasi dan konsdisi pangan di Belitung untuk mewujudkan pangan dan gizi seimbang. Berdasarkan hasil rapat dan koordinasi tersebut ,ketahanan pangan di Belitung hingga saat ini masih terkjamin hingga tiga bulan kedepan.”Cadangan pangan kami koordinasi dengan bulog. Cadangan 100 Ton untuk Kabupaten. Hal ini untuk antisipasi jika terjadi bencana,”kata Kepada Dinas TPH2K2P Kabupaten Belitung Endang Tati Udayati pada Kamis (18/6) kemarin.

Namun yang menjadi permasalahan hingga saat ini bahan pangan yang ada apakah aman dikosumsi oleh masyarakat. Sebab beras di Belitung harus di wanti wanti atau pantas diwaspadai. Berdasarkan koordinasi dengan Dnas Pertanian Propnsi Bangka Belitung, di Babel ini beredar beras mengandung Zat Klorin (Zat pemutih).

”Pangan di Kabupaten Belitung ada indkasi tidak aman .Beras yang ada di Belitung mengandung Klorin. Hal itu menyebabkan Penyakit maag,”jelasnya.

Untuk menanggapi hal tersebut Wakil Bupati Belitung Drs.Erwandi A Rani mengatakan, akan menurunkan Tim untuk mengawasi kelapangan. Tim ini akan dibentuk terdiri dari Dinas TPHP2K2P, Dinas Kesehatan, Dinas Kopirindag,Dinas kelautan dan perkanan, Dinas Pendidikan, Dinsosnakertras dan Bapeda,” Utamanya masalah keamanan kita akan turunkan Tim yang bergerak sesuai bidangnya,”kata Erwandi.

Menurut Erwandi hak hak keamanan konsumen harus lebih utama.” Pangan,baik itu beras maupun ikan segar saya akan segera turunkan Tim . Termasuk buah buahan dan sayur,saya akan turunkan Tim,”ujarnya.

Pada Tahun tahun lalu di Belitung sempat diberitakan bahwa beras di Belitung mengandung zat pewarna .Hal itu karena beras Belitung masih tergantung dengan inpor Pulau. Asal Pulau Jawa,” yang jelas kalau memang terdikasi zat yang tdak aman kita akan sampailkan ke produsen maupun yang membidangi (BPOM – Balai pengawasan obat dan Makanan).Insya Allah kita akan koordinasi dengan BPOM supaya mereka bertindak tegasnya.

Masyatakat Belitung sangat menyoroti koinerja BPOM yang terkesan tidak bekerja. Setelah ada masalah baru berbuat,”jelas salah seorang pengurus KNPI cabang Belitung kepada sidaknews.com.(Syai)

 

 

Check Also

KETUA Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh Ir. Teuku Alaidinsyah M. Eng saat membuka secara resmi Orientasi Kepalangmerahan dan Musyawarah Kerja Kabupaten (Mukerkab) PMI Bireuen. FOTO/TARMIZI A. GANI.

Musyawarah Kerja PMI Kabupaten Bireuen Dibuka Teuku Alaidinsyah

Bireuen, sidaknews.com – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh Ir. Teuku Alaidinsyah M. Eng membuka …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>