Kamis , 30 Maret 2017
Home » Berita Foto » Dialog Pers bersama Fokus JP, Dihadiri Ratusan Pelajar Dan Mahasiswa

Dialog Pers bersama Fokus JP, Dihadiri Ratusan Pelajar Dan Mahasiswa

Forum Komunikasi Jurnalis Purwakarta (Fokus JP) sukses menggelar acara Diklat Jurnalistik dan Dialog Pers Selasa (224/6) di Hotel Grand Situ Buleud Purwakarta.
Forum Komunikasi Jurnalis Purwakarta (Fokus JP) sukses menggelar acara Diklat Jurnalistik dan Dialog Pers Selasa (224/6) di Hotel Grand Situ Buleud Purwakarta.

PURWAKARTA,Sidaknews.com – Forum Komunikasi Jurnalis Purwakarta (Fokus JP) sukses menggelar acara Diklat Jurnalistik dan Dialog Pers Selasa (224/6) di Hotel Grand Situ Buleud Purwakarta.

Acara tersebut diikuti oleh sekitar 500 pelajar dan mahasiswa yang ada di Purwakarta. Turut hadir pula narasumber Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi serta Ketua DPRD Purwakarta Ucok Ujang Wardi, Kapolres Purwakarta dan unsur Muspida Purwakarta lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Purwakarta H Dedi Mulyadi SH sempat menyinggung kinerja wartawan di era reformasi yang menurutnya hanya menyampaikan pesan moral. Padahal menurut Dedi, keberpihakan wartawan hanya kepada kebenaran yang objektif.

Menurut Dedi, Indonesia berubah oleh kaum jurnalis. Presiden Soekarno besar namanya karena wartawan. Di sisi lain, peran sentral wartawan dan media sangat penting dan dibutuhkan, karena melalui kelompok pers gagasan pemikiran terdistribusikan.

“Reformasi 97-98 berhasil karena adanya jurnalis. Termasuk presiden SBY juga besar dan terpilih karena adanya wartawan dan media,” ujar Dedi Dedi dalam sambutan Diklat Jurnalistik dan Dialog Pers yang digelar Forum Komunikasi Jurnalis Purwakarta (Fokus JP), Selasa (24/6) kemarin.

fokus24Selain itu, Dedi menyampaikan pesan idealisme bagi puluhan wartawan. Menurutnya, rakyat dicerdaskan nalarnya oleh tinta jurnalis.

“Saya mengalami kekecewaan terhadap kaum jurnalis. Lebih banyak menyampaikan pesan moral. Jurnalis menjadi corong kaum demokratis. Namun, nyatanya kebenaran yang muncul, bukan karena kekuatan diri jurnalis, melainkan dipengaruhi kelompok kapitalis pemilik kepentingan,” tegas Dedi.

Meski demikian, Dedi tak menampik kalau sisi kesejahteraan wartawan khususnya di Purwakarta, masih jauh dari yang diharapkan. Bupati Dedi buka-bukaan kepada puluhan wartawan dan peserta Diklat, kalau jurnalis di Purwakarta masih jauh dari kebutuhan hidup layak.

“Apa yang menjadi problem wartawan? Gaji. Saya yakin honor wartawan dibawah UMK Rp2,2 juta,” jelas Dedi.
Menurut Dedi, persoalan tersebut kadang menjadi masalah krusial. Berkat kurangnya sisi komersial yang didapat, mengganggu tugas dan profesionalisme wartawan.

“Ya, akhirnya banyak wartawan yang ‘ngamen’. Ini yang menjadi masalah. Namun, hal yang mesti diberikan apresiasi, hari ini di Purwakarta masih banyak wartawan yang memegang sisi idealismenya,” katanya.

Selain mendapatkan pencerahan dari orang nomor satu di Purwakarta itu, peserta juga mendapatkan ilmu dari narasumber lain seperti dari Dewan Pers dan wartawan senior salah satu media besar di Indonesia.

Ditemui terpisah Ketua Fokus JP Oyang ST Binos berharap dengan diadakannya acara dialog pers yang diikuti pelajar ini bisa sedikit memberikan pengetahuan kepada pelajar bahwa profesi wartawan itu tidak seburuk yang dibayangkan. Banyak sisi positif dari jurnalis yang sebenarnya tidak diketahui oleh banyak orang.

“Kerja wartawan itu tidak kenal waktu, kita bekerja 24 jam penuh walau gaji yang kita terima sebenarnya jauh dari layak,” kata Binos kepada sidaknews.com.

Seperti diketahui, Fokus JP merupakan komunitas para jurnalis dari beberapa media cetak ataupun online yang ada di Purwakarta Jawa Barat. Umumnya para anggota Fokus JP ini adalah wartawan muda yang aktif di koran harian lokal, regional dan nasional yang setiap hari membuat berita seputar Purwakarta. (ega)

 

Check Also

img-20170327-wa0020-1-640x427

Peringatan HUT Damkar, Petugas Diminta Siaga 24 Jam

Lutim, sidaknews.com – Sebagai upaya responsif jika terjadi kebakaran di wilayah Kabupaten Luwu Timur, Petugas …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>