Home » Berita Foto » Diduga Mantan Camat Burau Terlibat Pemalsuan Tandatangan Parpol BK-PIPP Tahun 2013

Diduga Mantan Camat Burau Terlibat Pemalsuan Tandatangan Parpol BK-PIPP Tahun 2013

12
Camat Burau, Meirani Tenriawaru, S. STP, M. Si.

Luwu Timur, Burau, Sidaknews.com – Sejak masa jabatan Meirani Tenriawaru, S. STP, M. Si, sebagai Camat Burau sampai saat ini dinilai sangat tertutup oleh masyarakat terkait pelaksanaan kepemerintahannya terhadap masyarakat, segala ide kapan pun bisa muncul ke permukaan meski harus mengorbankan masyarakatnya sendiri.

Terkait masalah itu Masyarakat Kecamatan Burau Desa Burau sejak tahun 2013 lalu mengklaim adanya pemalsuan tanda tangan masyarakat, kuat dugaan dilakukan Camat Burau dalam hal ini Plt. Desa Burau, Meirani Tenriawaru, S. STP, M.Si, untuk proposal pencairan dana BK-PPIP yang saat itu Anggaran diketahui sebesar Rp.100.000.000, (seratus juta rupiah) yang konon di anggarkan ke pembentukan jalan tani Tembo’e Desa Burau.

Salah satu Dari ke 28 tanda tangan menjelaskan bahwa yang beratas namakan masyarakat untuk pelengkap proposal permohonan dana BK-PIPP tak satupun dinyatakan asli pasalnya dari ke 28 nama yang tertera itulah yang melakukan klaim terhadap Plt. Kepala Desa Burau sejak beberapa waktu lalu hingga saat ini.

123
Tampak Foto : Pemalsuan Tandatangan Masyarakat Desa Burau.

Selain merasa dirugikan, masyarakat juga terkesan ditipu dengan adanya pemalsuan tanda tangan yang kuat dugaan dilakukan Plt. Kepala Desa Burau, yang sampai saat ini pula pihak kecamatan burau tidak merespon klaim yang disorotkan terhadap camat burau merangkap Plt Desa Burau, Meirani Tenriawaru, S. STP, M.Si.

Beberapa masyarakat yang merasa tanda tangannya dipalsukan mengatakan bahwa, “kami sudah pernah meminta kepada pihak kecamatan untuk mengklarifikasi masalah ini namun tidak direspon, dan kami juga sudah melaporkan kepihak kepolisian (Polres Lutim) serta Inspektorat Lutim namun sampai saat ini pula kami juga tidak direspon,”

Kemana lagi masyarakat harus tuntut haknya yang sudah jelas dirampas tanpa sepengetahuannya, nama dan tanda tangan masyarakat dimanfaatkan untuk permohonan pencairan dana sedangkan dana sejak dicairkan sampai direalisasikan ke titik yang dimaksud masyarakat tidak pernah tau.

Selain itu pertanggung jawaban Alokasi Dana Desa (ADD) dan bagi hasil Pajak untuk Desa, sejak tahun 2012 sampai saat ini tidak pernah di informasikan/sampaikan secara tertulis maupun lisan kepada masyarakat.

Mengingat seringnya kami Masyarakat menyampaikan kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk menyampaikan kepada pemerintahan Desa dalam hal ini Plt. Kepala Desa Burau untuk membacakan pertanggung jawabannya.

123
Tampak Foto : Proposal Pencairan Dana BK-PIPP.

Namun hal tersebut tidak pernah dilakukan dengan alasan–alasan yang tidak jelas,kami selaku masyarakat menyimpulkan Plt. Kepala Desa dan BPD Desa Burau sedang main mata, jika kita mengacu pada Undang-Undang Tentang Desa pasal 27 ayat (4) hurup C dan D Nomor (6) tahun 2014 tentang Kepala Desa wajib memberikan/menyebarkan informasi kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan masyarakat secara tertulis disetiap akhir tahun Anggaran, kami meminta kepada pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Burau Transparansi terhadap masyarakatnya.

kami selaku masyarakat akan turun langsung (unjuk rasa) menyampaikan aspirasi kami yang selama ini tidak terespon apabila tuntutan kami tidak direspon lagi oleh pihak pemerintah maupun pihak penegak hukum, sebab tidak ada jalan lain yang diberikan kepada masyarakat selain jalan itu, ungkap masyarakat

Sejak diterbitkannya berita ini diminta kepada instansi terkait untuk melakukan pemeriksaan terhadap Camat Burau merangkap Plt Desa Burau dan penerima gaji kepala Desa, serta diminta kepada pihak yang berwenang agar menindak tegas oknum tersebut jika terbukti melakukan pelanggaran yang dimaksud, sebab sudah jelas diatur dalam pasal 263 ayat (1) KUHP dengan ancaman pidana maksimal enam tahun penjara. (R.IRWN)

Check Also

Calon Wakil Gubernur Aceh, Nasaruddin ketika berbicara dihadapan perwakilan masyarakat Pegasing.

Warga Pegasing Aceh Tengah Sepakat Dukung AZAN

Takengon, sidaknews. com – Perwakilan warga Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah menyatakan dukungan untuk pasangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>