Senin , 29 Mei 2017
Home » Berita Foto » Diduga terserang flu burung, ribuan ayam di Kediri mati

Diduga terserang flu burung, ribuan ayam di Kediri mati

Flu burung di Kediri. ©2013 Merdeka.com
Flu burung di Kediri. ©2013 Merdeka.com

Diduga terserang virus flu burung (H5N1), ribuan ayam di Kabupaten Kediri dan Kota Kediri, Jawa Timur, mati. Ribuan unggas yang mati terjadi dalam sepekan.

Muniswatin (62), warga Desa Kandat Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri, mengatakan 30 ekor ayam peliharaannya mati secara mendadak. Selain Muniswatin, ada Saifuddin (40) yang menduga puluhan ayamnya mati karena virus tersebut.

“Ya rata-rata di rumah-rumah di desa ayam peliharaannya antara 30-40 ekor, namun wabah ini telah mengakibatkan ayam-ayam itu mati. Ada yang kami bakar dan ada pula yang langsung kami kubur dan dilanjutkan disiram dengan desinfektan agar penyebarannya tidak merata,” ujar Muniswatin pada merdeka.com di Kediri, Senin (8/7).

Imam (39), warga Kelurahan Ngronggo Kota Kediri, mengaku 40 ayam peliharaannya yang terdiri dari bibit unggul jenis bangkok, pelung, serama, ketawa dan cemani tiba-tiba mati mendadak.

“Awalnya wajahnya biru kemudian dari mulutnya mengeluarkan cairan dan kemudian mati secara mendadak,” kata Imam.

Meski kejadian itu belum termasuk KLB, namun warga telah melaporkan kejadian ini ke Dinas Kesehatan serta Dinas Pertanian dan Peternakan. “Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri sudah saya lapori, namun belum ditindaklanjuti,” tegas Ima. (merdeka.com)

Check Also

Maklumat Kapoldasu Jaga Kamtibmas Selama Ramadan, Petasan Dilarang, Jangan Digunakan, Bisa Dipidana

Sidimpuan, sidaknews.com – Untuk memelihara situasi Kamtibmas yang kondusif selama bulan Ramadhan 2017 dan idul …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *