Jumat , 26 Mei 2017
Home » Berita Foto » Diharapkan Pelabuhan Anambas Dapat Untuk Pemasukan PAD

Diharapkan Pelabuhan Anambas Dapat Untuk Pemasukan PAD

Salah satu aktifitas buruh di pelabuhan tarempa.
Salah satu aktifitas buruh di pelabuhan tarempa.

Anambas,Sidaknews.com – Salah satunya penunjang transportasi laut adalah pelabuhan, keberadaan pelabuhan adalah salah satu sarana Insfratruktur yang sangat vital khususnya di kabupaten Anambas Kepulauan Riau.

Namun Kabupaten Anambas sejauh ini ternyata belum tersentuh dengan pembangunan yang berazaskan manfaat kepentingan umum, khususnya dibidang pelabuhan atau dermaga bongkar muat bagi masyarakat Anambas.

Dari hasil penelusuran Media ini, sangat disayangkan, padahal jika ada pelabuhan yang bisa dibanggakan oleh masyarakat Anambas begitu majunya Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) namun tidak menutup kemungkinan untuk menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Bahkan, keberadaan sejumlah pelabuhan yang ada di KKA, disinyalir tidak mempunyai izin, sehingga sulit untuk menjadikan sumber PAD oleh pemerintahan Kabupaten Kepulauan Anambas.

pelabuhan keramut salah satu kapal-kapal luar selalu berlabuh.
Pelabuhan keramut salah satu kapal-kapal luar selalu berlabuh.

untuk diketahui, sebagai daerah yang dianggap masih baru mekar 6 tahun, padahal untuk membangun ekonmi selama enam tahun itu sudah cukup untuk memulihkan ekonomi sebuah kabupaten yang masih mudah khususnya Anambas, maka keberadaan pelabuhan yang ada di wilayah KKA sangat urgen untuk mendorong perekonomian Masyarakat.

Namun demikian, bukan berarti pendirian sebuah pelabuhan tidak dilengkapi dengan perizinan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang.”Terdirinya infrastruktur khusus pelabuhan sebagai penunjang ekonomi kerakyatan khusus Masyarakat Anambas.

Hal ini disampaikan oleh Jaya salah satu tokoh masyarakat Anambas kepada media ini, tidak menutup mata kemungkinan, pemerintah kabupaten Anambas harus dapat memberikan kontribusi ke daerah, maka pelabuhan yang ada harus ditata kembali, baik dari segi fasilitas dan para Portir yang ada.

Selain Pelabuhan yang ada di Tarempa ada juga pelabuhan Rakyat di daerah Keramut, saya rasa juga bisa diberdayakan, sebab kapal-kapal dari luar juga selalu singgah di sana. Ungkap Jaya.

Untuk itu, Pemerintah harus mampu membangun dan mengelola Infarastruktur yang ada khususnya pelabuhan bongkar muat, hal ini tampak di depan mata, seperti pelabuahan bongkar muat milik akiaon. Dalam hal ini kita minta sistim pengelolahannya dengan benar, sehingga tidak ada objek upeti bagi pihak-pihak tertentu, kita juga harus dapat memberikan kontribusi kepada Daerah. kilahnya lagi.(Rohadi)

 

Check Also

Program USAID Prioritas Sumut Berakhir

Tebingtinggi, sidaknews.com – Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan terima kasih kepada USAID Prioritas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *