Minggu , 26 Maret 2017
Home » Daerah » Sumut » Dinas Kesehatan provsu terus upayakan target MDGs

Dinas Kesehatan provsu terus upayakan target MDGs

Medan,Sidaknews.com – Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terus berupaya menekan angka kematian ibu dan anak agar bisa mempercepat capaian target MDGs yaitu angka kematian ibu maksimal 102/100.000 kelahiran dan angka kematian bayi 23/100.000 kelahiran.

“Dewasa ini, angka kematian ibu di daerah kita 259 memang di bawah angka nasional yang mencapai 359 orang pada tahun 2013. Tetapi harus terus diupayakan ditekan agar target MDGs (Millenium Development Goals) maksimal sebesar 102 bisa segera tercapai,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Raden Roro Siti Hartati Surjantini di Medan.

Dia mengatakan itu di sela peringatan Hari Kartini yang dilakukan Ketua Tim Penggerak PKK Sumut, Sutyas Handayani yang bedialog dengan para wanita penjual jamu binaan Yayasan Untuk Perempuan Perkotaan Medan pimpinan Masdalifah di rumah dinas Gubernur Sumut.

Dewasa ini, kata Surjantini, pemerintah terus mendata dan mengkaji cara menekan kematian ibu dan anak.

Hasil pendataan, kata dia, ada tiga faktor yang membuat angka kematian ibu yakni terjadinya pendarahan, infeksi dan kejang yang antara lain sebagai dampak pemeriksaan yang tidak teratur saat hamil dan keterlambatan pengiriman atau membawa korban ke rumah sakit sehingga penanganannya menjadi terlambat.

“Saat hamil, harusnya seorang ibu minimal empat kali memeriksakan diri ke dokter,” ujarnya”

Terkait dengan keterlambatan membawa ke rumah sakit itu pulalah yang membuat pemerintah terus berupaya meningkakan layanan pos pelayanan terpadu (Posyandu), pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) dan meningkatkan sosialisasi tentang kesehatan khususnya ibu dan bayi.

“Pencegahan harus diutamakan sehingga selain meningkatkan layanan Posyandu dan Puskesmas, sosialisasi tentang kesehatan dinilai sangat penting,ujarnya

Ketua Tim Penggeraka PKK Sumut, Sutyas Handayani menyebutkan, perlindungan kepada wanita dalam segala sisi termasuk dari ancaman kematian saat mengandung/melahirkan serta tindak kekerasan rumah tangga.

Selain perlindungan, kata dia, perlu pencerdasan kepada para wanita yang ke depannya memiliki peran semakin besar dalam rumah tangga, bangsa dan negara (Nal)

Check Also

petugas PLN cabang ranting Medan Labuhan sedang memperbaiki dan truk yang tersangkut kabel hingga mebuat para sopir truk kesulitan2

4 Hari Ganggu Arus Lalu Lintas, Akhirnya Kabel Menjuntai Diperbaiki

Medan Labuhan, sidaknews.com – Selama 4 hari warga yang mengeluhkan kabel yang menjuntai rendah karena …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>