Home » Berita Foto » Dinas Kesehatan Tebingtinggi Adakan Pertemuan Dengan Ratusan Para Jumantik

Dinas Kesehatan Tebingtinggi Adakan Pertemuan Dengan Ratusan Para Jumantik

Wakil Walikota Tebingtinggi Ir.H.Oki Doni Siregar.
Wakil Walikota Tebingtinggi Ir.H.Oki Doni Siregar.

Tebingtinggi, Sidaknews.com – Pemerintah Kota Tebingtinggi terus berupaya untuk menurunkan kasus demam berdarah, dan sampah serendah mungkin, jangan sampai ada lagi warga yang meninggal karena terserang demam berdarah, hal ini harus menjadi tekad kita bersama-sama segenap elemen masyarakat tanpa terkecuali.

Hal ini disampaikan Wakil Walikota Tebingtinggi Ir.H.Oki Doni Siregar pada acara pertemuan dengan ratusan para kader Jumantik (jaringan pemantau jentik-jentik ) se Kota Tebing Tinggi di Gedung Hj.Sawiyah Nasution yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kota Tebingtinggi, Rabu (16/12).

Disampaikan Wakil Walikota, selama tahun 2014 kasus DBD di Kota Tebingtinggi sebanyak 151 kasus, dan ini menjadi perhatian serius kita apabila dilihat dari angka case fatality rate cendrung meningkat maka kota Tebingtinggi menjadi daerah endemis DBD.

Seperti diketahui, DBD disebabkan oleh Virus dengue yang ditularkan nyamuk aedes aegypti, sipenderita mengalami demam yang tinggi tanpa sebab yang jelas disertai pendarahan yang dapat berakibat fatal menjadi sebuah kematian jika terlambat diberikan pertolongan, ujar H.Oki Doni Siregar.

Penyebab lainnya dkarenakan vektornya yakni nyamuk aedes aegypti, karena tempat berkembang biaknya banyak, dan yang paling efektif memberantasnya dengan memutus daur hidup nyamuk dengan memusnahkan sarangnya, yakni dengan 3 M Plus, menguras, menutup dan mengubur serta mencegah gigitan nyamuk.

” Diharapkan para jumantik berperan memantau keberadaan jentik nyamuk secara berkala di rumah-rumah penduduk sekaligus memberikan Abate apabila diperlukan, para jumantik juga dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat, saya berharap tugas yang mulia ini dapat dilakukan dengan ketulusan hati, karena membantu orang lain juga merupakan bagian dari amal kita, ” harap H.Oki Doni siregar.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan kota Tebingtinggi dr.T.Amri M.Kes memberikan laporan, pertemuan kader jumantik ini diikuti oleh 378 orang terdiri dari 360 kader jumantik berasal dari masing-masing lingkungan di kelurahan, 9 orang Kepala Puskesmas dan 9 petugas Sanitasi Puskesmas.

Tujuan dari pertemuan kader jumantik, melakukan validasi data,monitoring dan evaluasi kader jumantik selama tahun 2014, meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kepedulian semua kader jumantik berkaitan dengan pencegahan dan pengenalan dini penyakit DBD di Kota Tebingtinggi, ucap dr T.Amri. (Hans)

 

 

Check Also

Ular Phyton yang sudah diamankan warga Tangjung

Penduduk Tanjungkapur Dikejutkan Penangkapan Ular Piton Liar

Bintan, sidaknews.com – Warga setempat menemukan dan menangkap seekor ular piton besar di depan sebuah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>