Kamis , 30 Maret 2017
Home » Berita Foto » Dinas Pendidikan Segera Luncurkan Program Kecakapan Hidup

Dinas Pendidikan Segera Luncurkan Program Kecakapan Hidup

Kabid
 Drs. Amin Mulyana Kabid PNFI Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab,Karawang.Dok.Sidaknews.com

KARAWANG,Sidaknews.com – Pemerintah Kabupaten Karawang Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Disdikpora) dalam waktu dekat akan meluncurkan program kecakapan hidup. Program tersebut digulirkan untuk menjaring potensi-potensi masyarakat Karawang terutama bagi masyarakat yang sulit mendapatkan pekerjaan.

“Program ini akan melibatkan lulusan SMA sederajat atau masyarakat dan diarahkan sesuai bidang keterampilan yang diinginkan,” ujar Kepala Bidang (Kabid) PNFI Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Karawang Drs.Amid Mulyana kepada sidaknews.com di ruang kerjanya.

Amid menambahkan, program tersebut digulirkan berawal dari rasa keprihatinan pihaknya dimana banyak ditemukan kasus masyarakat sudah berijazah SMA, akan tetapi sulit diterima di sebuah perusahaan karena tidak memiliki sertifikat keterampilan. “Program ini sementara akan dialokasikan untuk 600 orang di seluruh wilayah Karawang,” katanya.

Untuk melancarkan program tersebut, Bidang PNFI sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) yang terdaftar di PNFI. Dimana nantinya LKP tersebut akan bekerjasama dengan PNFI untuk menampung masyarakat Karawang untuk dilatih keterampilan masing-masing.

“Misalnya ada LKP menjahit, rias pengantin, atau LKP lain. Nanti biaya pelatihan tersebut ditanggung oleh pemerintah,” ujarnya.

Khusus untuk keterampilan menjahit, PNFI sudah berkoordinasi dengan LKP menjahit agar masyarakat yang ikut pelatihan dibidang tersebut setelah ikut pelatihan keterampilan nanti bisa dipekerjakan di perusahaan-perusahaan yang ada di Karawang. “Karena biasanya perusahaan akan percaya kepada calon pekerja yang sudah berserttifikat keterampilan,” tandasnya.

Disinggung kapan program itu akan digulirkan, Amid mengaku masih menunggu pencairan anggaran dari pemerintah daerah. Total pengajuan PNFI untuk program tersebut mencapai Rp 1 Miliar. “Nantinya bantuan itu sipatnya hibah, dan akan dicairkan ke rekening masing-masing peserta pelatihan yang sifatnya berkelompok, insya Alloh paling telat April program itu diluncurkan,” katanya.

Masih menurut Amid, total LKP yang akan menampung peserta pelatihan yang bekerjasama dengan pemerintah totalnya sebanyak 70 LKP yang tersebar diseluruh kecamatan di Karawang. “Sengaja kita tidak memfokuskan kegiatan pelatihan di Karawang, untuk mengurangi ongkos peserta. Jadi kalau di kecamatan masing-masing mereka bisa irit ongkos,” pungkasnya. (ega nugraha)

Poto : Kabid PNFI Amid Mulyana

Check Also

img-20170327-wa0020-1-640x427

Peringatan HUT Damkar, Petugas Diminta Siaga 24 Jam

Lutim, sidaknews.com – Sebagai upaya responsif jika terjadi kebakaran di wilayah Kabupaten Luwu Timur, Petugas …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>