Home » Berita Foto » Diperlakukan Tidak Adil Perusahaan, Puluhan Buruh Ngadu ke Pemkab Karawang

Diperlakukan Tidak Adil Perusahaan, Puluhan Buruh Ngadu ke Pemkab Karawang

Diperlakukan Tidak Adil Perusahaan, Puluhan Buruh Ngadu ke Pemkab Karawang
Diperlakukan Tidak Adil Perusahaan, Puluhan Buruh Ngadu ke Pemkab Karawang.

KARAWANG,sidaknews.com – Puluhan buruh gabungan dari berbagai serikat pekerja mendatangi Kantor Pemkab Karawang kamis (18/9) siang. Kedatangan buruh tersebut untuk meminta mediasi kepada pejabat Pemda Karawang terkait permasalahan yang terjadi di beberapa perusahaan yang ada di Karawang yang dianggap merugikan para buruh.

Salah satu permasalahan yang diadukan ke Pemkab Karawang terkait masih maraknya sistim out sourching dan PHK sepihak seperti yang menimpa 14 orang buruh di yang bekerja di PT Spindo Karawang. Kedatangan para buruh ini diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang Teddy Rusfendi dan beberapa pejabat OPD terkait yang menangani ketenaga kerjaan.

“Kita memohon bantuan dari pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan ini, karena kita sudah mencoba bernegosiasi dengan pihak perusahaan namun mereka tidak merespon, terpaksa kita mengadu ke pemerintah,” ujar salah seorang perwakilan buruh Cita di ruang rapat Sekda Karawang.

kasus PHK di perusahaan tersebut, kata dia terjadi sekitar 24 Juni 2014 silam akibat ke 14 buruh tersebut melakukan aksi protes dengan menggelar mogok kerja. Namun secara tiba-tiba pihak manajemen perusahaan memberikan PHK karena dianggap telah merugikan perusahaan tempat mereka bekerja. Padahal aksi mogok kerja tersebut dilakukan untuk menuntut keadilan perusahaan yang mereka anggap sangat merugikan buruh karena tak kunjung diangkat menjadi karyawan padahal sudah bekerja belasan tahun di perusahaan tersebut.

“Kami mohon agar kasus ini bisa ditindaklanjuti oleh pemerintah,” harapnya.

sekretaris Daerah (Sekda) Karawang Teddy Rusfendi dalam pertemuan tersebut berjanji akan segera memanggil semua perusahaan yang diduga telah melakukan pelanggaran dan merugikan para buruh pekan depan. Sekda juga memberikan tugas kepada Dinas terkait agar segera mengkroscek beberapa perusahaan yang dituduh dan diduga telah melakukan kecurangan dengan membuka anak perusahaan dan beroperasi tanpa ijin Pemkab Karawang.
Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang Teddy Rusfendi dalam pertemuan tersebut berjanji akan segera memanggil semua perusahaan yang diduga telah melakukan pelanggaran dan merugikan para buruh pekan depan.

Para buruh juga mengadukan kasus lain juga terjadi di PT Royal Standar yang juga dianggap merugikan kaum buruh. Perusahaan tersebut bahkan telah menggugat beberapa buruh ke Pengadilan Negeri Karawang dan perusahaan meminta ganti rugi kepada para buruh sebesar Rp 45 Milyar. Dalam pertemuan dengan jajaran pejabat Pemkab Karawang kemarin, para buruh juga sempat membeberkan beberapa kebobrokan manajemen perusahaan semisal adanya beberapa unit anak perusahaan yang justru tidak memiliki ijin beroperasi.

“PT ini memiliki tujuh perusahaan, tetapi yang sudah mengantongi ijin cuma dua perusahaan. Jadi kami mohon Satpol PP untuk segera bertindak menggelar sidak kesana,” ujar buruh lainnya.

Sementara itu sekretaris Daerah (Sekda) Karawang Teddy Rusfendi dalam pertemuan tersebut berjanji akan segera memanggil semua perusahaan yang diduga telah melakukan pelanggaran dan merugikan para buruh pekan depan. Sekda juga memberikan tugas kepada Dinas terkait agar segera mengcroos-cek beberapa perusahaan yang dituduh dan diduga telah melakukan kecurangan dengan membuka anak perusahaan dan beroperasi tanpa ijin Pemkab Karawang.

“Secepatnya kita akan mengundang perusahaan untuk meminta kejelasan tentang kasus ini,” ujar Teddy disambut hangat para buruh yang hadir.

Sementara itu diluar loaksi pertemuan, justru ratusan buruh lainnya terlihat kecewa karena tidak diijinkan masuk ke ruang pertemuan oleh petugas. Para buruh hanya diijinkan masuk ke ruang rapat sebanyak 15 perwakilan buruh saja. Sedangkan mereka yang tidak diperkenankan masuk menggelar orasi di samping pintu masuk Pemda Karawang dengan pengawalan ketat aparat Kepolisian dari Resort Karawang.(ega)

Check Also

Kapolsek Medan Labuhan Kompol H.Yasir Ahmadi Sik Saat menandatangani persasti Mushola Mirza Ahmad.

Polsek Medan Labuhan Gelar Zikir Bersama dan Resmikan Mushola Mirza Ahmad

Medan Labuhan. sidaknews. com – Kapolsek Medan Labuhan Kompol H. Yasir Ahmadi Sik menggelar acara …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>