Selasa , 23 Mei 2017
Home » Berita Foto » Disdik Anambas Bangun Perguruan Tinggi Negeri

Disdik Anambas Bangun Perguruan Tinggi Negeri

Kepala dinas pendidikan Anambas
Kepala dinas pendidikan Anambas. Herianto

ANAMBAS,Sidaknews.com – Tidak hanya dengan melakukan sosialisasi pendidikan, kini Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) menargetkan tahun ini akan segera membangun perguruan tinggi negeri pertama di Anambas. Dan bukti keseriusan menghadirkan Perguruan Tinggi Negeri itu sudah mencapai 100 persen, dan rencananya di tahun ini sudah ada penerimaan mahasiswa baru.

Pernyataan ini diungkapkan langsung oleh Kadisdik Anambas, Herianto saat ditemui Media ini di ruang kerjanya, pagi tadi(20/6)

“Ya memang benar, kita memiliki program kerja untuk mendirikan Perguruan Tinggi Negeri di Anambas yang bernama Akademi Komunitas Anambas.Dan saat ini, persiapannya mulai dari pendaftaran di Dikti dan seleksi dosen dan tenaga administrasi telah dilaksanakan,” ujarnya.

Akademi Komunitas Anambas KKA ini menurut Heri, begitu dia akrab disapa, akan menghadirkan empat jurusan dengan bekerjasama tim ahli dari UNAN Padang.

“Empat jurusan yang akan dihadirkan adalah, Jurusan Perikanaan, Tehnik, Pengelolaan Pangan, Tata Boga, Buana dan Pariwisata dan yang terakhir Bisnis dan Manajemen.Jadi untuk tim yang membantu kita akan diberikan surat kuasa.

Sebab jika kita sendiri yang mengurus, akan ada kendala, maka itu kita perlu ada bantuan tenaga ahli yang sudah profesional untuk nantinya mengakomodir semua pertanyaan dari Dikti. Sebab di perkirakan, pihak Dikti akan memberikan pertanyaan yang cukup banyak nantinya,” ujar Heri.

Sementara, lokasi yang akan dibangun untuk Perguruan Tinggi Negeri tersebut rencananya akan di tempatkan di daerah antara Rintis dan Temburun.

Saat ditanya mengenai kreteria dosen yang akan memberikan mata kuliah di PTN tersebut, Heri mengaku sudah mempersiapkan dengan matang.

“Dosen yang nantinya akan mengajar di PTN sudah dipersiapkan dengan matang. SDM Anambas untuk menjadi dosen dengan syarat prosedur mendirikan perguruan tinggi sudah terpenuhi. Dinas Pendidikan sekarang sudah menyusun Curiculum Vitae (CV-Riwayat Hidup-Red) tenaga dosen yang akan mengajar di Akademi tersebut.

Sedangkan untuk MKDK (Mata Kuliah Dasar Keahlian-Red), masing-maing jurusan itu harus ada minimal 6 orang dosen. Itu artinya, kita harus menghadirkan 24 orang dosen untuk mengisi semua jurusan yang ada. Dan saat ini, alhamdulillah, kita sudah punya 29 orang tenaga dosen, itu artinya melebihi dari kuota,” tambah Heri.

Heri juga menambahkan, membangun PTN di Anambas, Disdik juga memiliki target, yakni mengedepankan pendidikan yang handal dengan menelurkan luluan yang berskill dan bisa berwirausaha.

“Menurut UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Kita daerah perbatasan diizinkan untuk membangun perguruan tinggi dengan mengedepankan lulusan yang berskill dan mampu berwirausaha,” tegas Heri mengakhiri perbincangan.(Rohadi)

 

 

 

 

 

Check Also

Gubernur Aceh Minta Dinas Terkait Pastikan Harga Daging Meugang Dibawah 130 Ribu Per Kilogram

Banda Aceh, sidaknews.com – Gubernur Aceh Zaini Abdullah meminta dinas terkait untuk memastikan harga daging …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *