Senin , 21 Agustus 2017
Home » Ekonomi » Distributor Sepakat Tidak Naik Harga

Distributor Sepakat Tidak Naik Harga

Karimun,sidaknews.com – Sejumlah distributor di Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau sepakat untuk  tidak akan menaikkan harga jualnya kepada masyarakat.

Komitmen distributor tersebut disampaikan Kepala Dinas Usaha Kecil Menengah, Perdagangan Perindustrian Karimun, HM Hasbi kepada Media Expose usai menghadiri acara pelantikan pejabat eselon di Pemkab Karimun, Senin (8/7/2013).

“Kita sudah kumpulkan distributor. Dan kita tanyakan sebagian besar mereka sepakat tidak akan menaikkan harga saat puasa dan Ramadan ini. Komitmen ini berlaku jika sumber barang atau produksi dari daerah asalnya tidak naik, mereka tak mau naikkan juga,” Ucap Kepala Dinas Usaha Kecil Menengah Perdagangan HM Hasbi.

Jika dari daerah sumber asal barang atau komoditas naik, kata Hasbi, secara hukum pasar kenaikan tidak dapat dihindari. “Asalnya ya itu tadi, dari daerah produksi atau sumber asal barang tidak naik. Mana ada pedagang yang mau rugi kan?” Ucap HM Hasbi.

Hasbi menambahkan bahwa distributor juga sudah diimbaunya untuk tidak menaikan harga stok barang lama karena alasan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) atau karena momen puasa dan lebaran.

“Kita sudah turun juga ke pasar-pasar dan ke distributor dan kita minta kepada distributor dan pedagang tidak menaikan harga barang stok yang lama. Kalau stok baru naik, silahkan dinaikkan. Itupun kita minta jangan melampaui (terlewat batas) kenaikannya,” ungkapnya.

Pascakenaikan harga BBM dan jauh-jauh hari menjelang puasa, sejumlah pedagang sudah menaikan harga barang yang dijualnya. Sehingga ketika datang puasa, sejumlah harga barang tidak terlalu tinggi kenaikannya, walau masih ada saja harga barang yang mengalami kenaikannya.

Dan Kenaikan harga terjadi pada sejumlah harga sembilan kebutuhan Bahan pokok (sembako) dan beberapa komoditas bumbu dapur lainnya juga mengalami kenaikan. Hanya sayur mayur saja yang harganya masih fluktuatif Atau masih Stabil, ketika pasokan mencukupi harga stabil, dan ketika langka harganya melambung.Ucap HM Hasbi Selaku Kepala Dinas Usaha Kecil Menengah Perdagangan perindustrian Pemkab Karimun.(Huria)

 

 

Check Also

Minim Pasokan, Harga Cabe Merah Melambung

Karimun, sidaknews.com – Kenaikan harga cabe merah yang terjadi di beberapa pusat perbelanjaan di Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *