Minggu , 28 Mei 2017
Home » Daerah » Babel » DKP kukuhkan Pokmaswas Kabupaten Belitung

DKP kukuhkan Pokmaswas Kabupaten Belitung

Ilustrasi
Ilustrasi. Nelayan Asing yang diamankan oleh Aparat penengak hukum.

Tanjungpandan,Sidaknews.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Belitung membentuk dan mengukuhkan enam kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) yang terdiri dari masyarakat nelayan di Kabupaten Belitung. Pada Jumat(11/4) bertempat di Hotel Wisma Adiitya.

Acara pengukuhan Pomaswas yang dhadiri juga Kepala DKP Propinsi BaBel yang mewakili Kabid kelautan dan Pengawasan, Kepala satuan kerja Pengawasan Sumber Daya kelautan dan Perikanan (Satker -PSDKP) dan seluruh Anggota Pokmaswas.

”Diharapkan dengan adanya Pokmaswas ini sangat membantu pelaksanaan pengawasan perairan . Selama ini. Banyak terjadi pelanggaran di laut seperti penggunaan jaring troll, Bom ikan, potasium. Namun masyarakat segan melaporkanya karena merasa tidak memiliki wewenang.

Namun dengan telah terbentuknya Pokmaswas terlebih Anggotanya sudah diberi surat pengukuhan dari Pemerintah, kami menjadi berani untuk melaporkanya bila ada tindakan pelanggaran di laut,”kilah Iwan (31) salah satu Anggota Pokmaswas kepada Sidaknews.com.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas DKP Belitung,Destika Efenly megatakan”, program pengembangan Pokmaswas pada prinsipnya bertujuan untuk membentuk kelompok masyarakat yang berfungsi melaksanakan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan.

Selain itu, berdasarkan Undang undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang perikanan, Disebutkan ”Bahwa untuk menjamin terselenggaranya pengelolaan sumber daya ikan secara optimal dan berkelanjutan perlu ditingkatkan peranan pengawas perikanan dan peran serta masyarakat dalam upaya pengawasan di bidang perikanan.

”Diharapkan Desti, peranan Pokmaswas yang antara lain menjadi bagian dari sistim pengawasan sumber daya kelautan perikanan, perpanjangan tangan dan mItra petugas pengawas perikanan,Aparat penegak Hukum serta pemantau pelaksanaan peraturan perundang-undangan.

Selain itu kata Desti,sebagai sumber imformasi dini terjadinya pelanggaran,tindak pidana perikanan,sebagai contoh dan pelapor pelaksanaan tertib usaha bagi masyarakat sekitar,”jelas Desty.

Pesan Desty kepada semua Anggota Pokmaswas Belitung agar dalam pelaksanaan nanti lebih mengedepankan pendekatan prepentive yaitu upaya pengawasan yang lebIh mengarah kepada penataan secara sukarela dengan cara memotivasi masyarakat nelayan untuk sadar hukum, memberi contoh kegiatan yang bertanggung jawab dan mengajak untuk mengubah prilaku destruktif kearah yang bertanggung jawab,”bukanlkah laut milik kita bersama,”pesannya.

Pokmaswas baru dikukuhkan sebanyak 17 dan pada acara ini dikukuhkan sebanyak 6 kelompok.Kelompok yang dikukuhkan ini berasal dari enam desa yaitu desa Sungai padang,Tanjung tinggi,Pegantungan, air saga, dukong dan Kelurahan Kota,”jelas panitia ketika dikompermasi Media ini.(Dam)

Check Also

Dandim Pimpin Pelepasan Kasdim 0111 Bireuen

Bireuen, sidaknews.com – Komandan Kodim (Dandim) 0111/Bireuen Letkol Arm Adekson, memimpin acara pelepasan Kasdim Mayor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *