Kamis , 23 Maret 2017
Home » Berita Foto » DPC Burau Desak Golkar PAW Sukman Saddike

DPC Burau Desak Golkar PAW Sukman Saddike

Kapolres Luwu Timur AKBP Rio Indra Lesmana.
Kapolres Luwu Timur AKBP Rio Indra Lesmana.

MALILI,Sidaknews.com – Direktorat kriminal khusus Polda Sulselbar, telah menetapkan mantan ketua DPRD Luwu Timur, Sukman Sadike sebagai tersangka dalam kasus penyalahgunaan wewenang, yang menyebabkan kerugian negara Rp.125 juta.

Terkait status tersangka yang disandang Sukman, Ketua Golkar Kecamatan Burau, Ardi, meminta pengurus partai Golkar, untuk menarik Sukman dari keanggotaan Partai Golkar. Bukan hanya itu, Parti Golkar juga didesak melakukan PAW atas Sukman Sadike.

”Awalnya kami sebagai pengurus partai meminta agar masalah ini diselesaikan secara internal. Namun karena terlanjur bergulir ke ranah hukum, apalagi setelah adanya penetapan tersangka terhadap Sukman, maka sebaiknya partai menempuh langkah PAW demi menyelamatkan citra partai,” kata Ardi yang dikonfirmasi wartawan via selularnya, Selasa 18 November kemarin.

Dia melanjutkan, terkait penetapan tersangka terhadap Sukman, menurutnya sudah sepantasnya partai Golkar memberikan perlindungan hukum terhadap salah satu kadernya itu.

Terpisah, Kapolres Luwu Timur AKBP Rio Indra Lesmana, melalui kasat Reskrim AKP Abdul Nur Adnan, mengatakan berdasarkan hasil gelar perkara yang dilaksanakan di Polda sulsel beberapa waktu lalu, penyidik menyimpulkan kasus ini ditingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan. ”Kami (polisi, red) saat ini masih menunggu keterangan ahli untuk menindaklanjuti proses penyidikan terkait kasus tersebut,” tandas Nur Adnan.

Sementara itu, beberapa waktu lalu, Indonesia Corruption Watch (ICW) merilis 48 nama anggota DPR RI maupun DPRD terpilih yang terjerat kasus dugaan korupsi dari berbagai wilayah yang terdata.
Dari data tersebut, dua nama legislator asal Luwu Timur yakni Sukman Sadike dan M Siddiq BM juga termasuk didalamnnya. Menurut Peneliti ICW Ade Irawan, pada tingkatan proses hukum saat ini 32 orang politikus masih dalam proses penyidikan. Sedangkan 15 orang lainnya masih dalam proses persidangan dan telah divonis bersalah di pengadilan.

”Sebanyak 3 orang dalam proses persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. 12 orang lainnya sudah divonis bersalah di pengadilan dan 3 orang lainnya mendapatkan vonis di tingkat kasasi atau telah inkrach,” ujar Ade beberapa waktu lalu.

Anehnya, dua nama legislator yang dirilis oleh ICW, seperti yang dilansir JPNN (Group Palopo Pos), disebutkan bahwa keduanya telah dilakukan PAW oleh partai masing-masing, yakni Partai Golkar dan Partai Nasdem.

Namun kenyataannya, sampai saat ini keduanya masih aktif sebagai anggota DPRD Luwu Timur. Meskipun higga saat ini sorotan dan desakan untuk PAW atas keduanya terus menggelora dari sejumlah kalangan.

Sekedar diketahui, nama Sukman Sadike berada pada urutan 21, sedangkan nama M Siddiq BM, berada pada urutan 30. (**)

 

Check Also

Pelanggar lalu lintas membayar denda yang dikenakan kepada kasir Bank BRI Cabang Langsa.

Polres Langsa Gelar Sidang di Tempat Bagi Pelanggar Lalu Lintas

Langsa, sidaknews.com – Satuan Polisi Lalu Lintas Kepolisian resor Langsa bersama Pengadilan Negeri dan Kejaksaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>