Rabu , 22 November 2017
Home » Berita Foto » DPRD Desak Pemkab Berdayakan Masyarakat Untuk Tingkatkan PAD

DPRD Desak Pemkab Berdayakan Masyarakat Untuk Tingkatkan PAD

Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karawang dari Fraksi Gerindra H Ajang Supandi.
Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karawang dari Fraksi Gerindra H Ajang Supandi.

KARAWANG.sidaknews.com – Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karawang dari Fraksi Gerindra H Ajang Supandi meminta Pemerintah Daerah Karawang bisa memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Menurut dia, secara ekonomis sebenarnya banyak potensi di masyarakat Karawang bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dan kemajuan pembangunan Karawang.

Salah satunya kata dia, pemerintah harus punya upaya pemberdayaan masyarakat sekitar hutan. Bentuk pemberdayaannya, menurut Ajang, dengan program bantuan stimulasi seperti memberikan bibit pohon yang mempunyai nilai ekonomis cukup tinggi dan peluang pasar cukup luas.

“Pemerintah harus mempunyai obsesi memitrakan masyarakat dengan pemerintah dan pihak ketiga yang profesional, sehingga bukan hanya pemerintah yang diuntungkan tetapi masyarakat secara langsung pun merasakan manfaatnya,” kata Ajang saat berbincang dengan sidaknews.com di ruang kerjanya Senin (22/9).

Dengan cara seperti itu, Ajang berharap, masyarakat sekitar hutan secara ekonomis akan diuntungkan dan Pemerintah Karawang juga mendapatkan keuntungan, sebab dalam jangka waktu tertentu modal yang diberikan akan kembali dan bisa berkembang.

“Pemkab cukup memberikan bantuan satu kali, selanjutnya masyarakat yang akan mengelolanya sendiri dengan bantuan bimbingan pihak profesional dalam bidangnya,” katanya.

Untuk itu, ia mendorong agar seluruh dinas yang ada di Karawang sudah seharusnya menjadi mitra kerja bagi masyarakat untuk melakukan hal itu.

Selain itu, lanjut Ajang, banyak potensi lain dalam memberdayakan masyarakat seperti di bidang kelautan, pertanian dan usaha kecil.

“Kalau masyarakat cuma dikasih uang saja maka akan cepat habis, tapi yang lebih baik itu adalah pemberdayaan potensi yang ada dengan menggunakan uang yang ada,” tegasnya.

Misal saja kata dia, di dapil 6 ada bekas galian pasir, dan jika saja pemerintah kreatif maka itu bisa diberdayakan untuk dijadikan jaring apung (japung). Dan Dinas terkait harusnya turun ke bawah supaya masyarakat bisa kreatif.

“Jangan dibebankan terus kepada masyarakat soal peningkatan PAD, banyak warga saya mengeluhkan pajak penghasilan yang terlalu besar. Walaupun itu tujuannya untuk meningkatkan PAD,” katanya lagi.

Intinya menurut Ajang, kedepan sudah harus ada pemberdayaan terhadap masyarakat dan disesuaikan dengan lingkungan masyarakat masing-masing. Karena saat ini menurut dia, OPD yang ada masih minim untuk terjun langsung ke bawah untuk melihat potensi yang ada di setiap daerah yang ada di Karawang.

“Banyak OPD di Karawang ini bekerja belum tepat sasaran, kedepan harus ada perbaikan,” tegasnya.

Pasalnya, kata dia, ketika ekonomi di masyarakat bawah kuat,maka di atas juga akan kuat, dan Jika yang terjadi sebaliknya maka jangan salahkan jika ekonomi Karawang akan tetap rapuh.

“Termasuk menggali potensi pariwisata, Purwakarta saja tetangga kita bisa, kenapa Karawang tidak bisa. Kita punya laut luas, pegunungan ada, potensi disana banyak. Kalau soal penganggaran DPRD bisa bargening dengan eksekutif,” jelasnya.(ega)

Check Also

Batalyon Raider Karma Bhakti Siapkan Latihan Skala Besar

Tualang Cut, sidaknews.com – Satuan tempur Batalyon Raider khusus 111/Karma Bhakti terus melakukan berbagai persiapan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *