Home » Daerah » Babel » DPRD Teken Empat Raperda Sekaligus

DPRD Teken Empat Raperda Sekaligus

– Paripurna Terakhir DPRD Kabupaten Belitung 2009-2014.

Paripurna Terakhir DPRD Kabupaten Belitung 2009-2014.
Paripurna Terakhir DPRD Kabupaten Belitung 2009-2014.

Tanjungpandan,Sidaknews.com – DPRD Kabupaten Belitung menggelar sidang paripurna pembahasan empat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Belitung di gedung DPRD, Jumat (19/9). Sidang dengan agenda pengambilan keputusuan terhadap empat raperda tersebut merupakan paripurna terakhir bagi anggota DPRD periode 2009-2014.

Akhirnya, pihak DPRD meneken empat raperda tersebut sekaligus untuk dijadikan Perda Kabupaten Belitung.

Adapun empat raperda yang diteken adalah, Raperda Pertambangan dan Mineral, Raperda Ketertiban Umum, Raperda Perubahan terhadap Perda Restribusi Jasa Usaha, serta Raperda Perubahan terhadap Perda Retribusi Jasa Umum.

Sebelumnya, pada sidang yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung Mahadir Basti tersebut, juru bicara fraksi menyampaikan kata akhir fraksinya. Dari Fraksi PDI Perjuangan Rusli Saie, Fraksi Bulan Bintang Samad, Fraksi Partai Golkar Hasbi, dan Fraksi PAN Amran Muslimin.

Juru Bicara Fraksi Bulan Bintang Samad memberi catatan ke pihak eksekutif. Ia menyoroti maraknya jual beli lahan bebas negara dengan penerbitan surat keterangan tanah (SKT). Menurutnya, ini terjadi tidak hanya di Kecamatan Membalong yang merupakan dapilnya, melainkan di seluruh Belitung.

Ia juga menyoroti adanya indikasi pembukaan perkebunan tanpa izin yang terjadi di Desa Bantan, Kecamatan Membalong. Ia berharap pemerintah dapat menyikapi apa yang disampaikannya itu.

“Saya mengingatkan kepada masyarakat janganlah mudah melepas lahan sehingga nanti kita hanya jadi penonton di kampung kita sendiri,” kata Samad.

Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) mewakili pemerintah daerah menyampaikan terima kasih kepada fraksi dan semua anggota pansus yang telah menyetujui keempat raperda yang diparipurnakan. Perda-perda itu selanjutnya akan disosialisasikan hingga kecamatan dan tingkat desa. Lalu, para camat dan kepala desa akan mensosialisikan lagi perda-perda yang telah disahkan kepada masyarakat. (ANS)

Check Also

Data informasi gempa dari BMKG Medan.

Pasca Gempa 5,6 SR, Aktivitas Warga Kota Medan Kembali Normal

Medan, sidaknews.com – Gempa yang baru saja mengguncang Kota Medan pada Senin, 16 Januari 2016 …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>