Kamis , 30 Maret 2017
Home » Berita Foto » Dua anjal Medan lulus pelatnas sepak bola

Dua anjal Medan lulus pelatnas sepak bola

Ilustrasi
Ilustrasi.

MEDAN,Sidaknews.com – Dua anak jalanan asal Kota Medan yakni Dian Sapenra dan Budi Prasetio Gautama berhasil lolos seleksi i untuk mengikuti program pelatihan nasional yang diikuti 50 anak jalanan dari 7 kota seluruh Indonesia di Mabes TNI Angkatan Udara, Cilangkap, Jakarta Timur. Dari 50 orang anak jalanan tersebut , 18 orang terbaik akan dipilih menjadi pilar tim Garuda Baru untuk mengikuti Event Street Children World Cup (SCWC) 2014 di Rio de Janeiro, Brazil.

Kedua anak tersebut meminta restu Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Dzulmi Eldin yang akan bertolak ke Jakarta, besok, Jumat (28/2).

Kedua anak jalanan itu didampingi Ester Hutabarat selaku pimpinan YAKMI, lembaga yang mengorganisir anak-anak jalanan bersama Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kota Medan.

Ester menjelaskan, Dian dan Budi adalah anak jalanan dan memiliki kemampuan mengolah si kulit bundar secara otodidak. Melihat kemampuan tersebut, keduanya kemudian dibawa untuk mengikuti seleksi di Lapangan Unimed Medan yang diikuti 30 anak jalanan berusia 13-16 tahun dengan kriteria putus sekolah pada 6 Januari 2014.

Setelah mengikuti seleksi yang diselenggarakan Yayasan Transmuda Energy Nusantara (TEN), jelas Ester, Dian dan Budi dinyatakan lolos dan berhask mengikuti pelatihan nasional yang diikuti 50 anak jalanan dari 7 kota di Indonesia yaitu Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Jogyakarta, Surabaya dan Makasar.

“Besok (28/2) anak jalanan yang dinyatakan lolos seleksi, termasuk Dian dan Budi harus sudah berada di Jakarta. Mereka akan mengikuti pelatihan nasional di Mabes TNI AU, Cilangkap yang akan dilaksanakan mulai 1 s/d 25 Maret mendatang. Selanjutnya dari 50 orang tersebut, 18 orang akan dipilih menjadi pilar Garuda Baru yang akan mengikuti SCWC 2014 di Rio de Janeiro, Brazil,” kata Ester.

Untuk itulah menurut Ester , kedatangan mereka menemui Plt Wali Kota Medan guna minta dukungan baik moral maupun moril. Apalagi satu dari dua anaka jalan itu, kondisinya sangat memprihatinkan. Selain anak yatim piatu, juga hidup menumpang dengan keluarga dari ibunya dengan kondisi ekonomi pas-pasan.

Sedangkan yang seorang lagi anak dan harus membantu ibunya jualan bumbu di Pasar Tembung. “Atas dasar itulah kami datang menghadap kepada Bapak. Apalagi kedua anak ini akan membawa nama baik Kota Medan. Even ini merupakan peluang emas bagi keduanya untuk mengembangkan potensi dan diharapkan menjadi pesepakbola professional, sekaligus menajdi motivator bagi anak-anak jalanan yang lainnya,” ungkapnya.

Dzulmi Eldin mengaku bangga dengan raihan yang dicapai kedua anak jalanan tersebut. Dia mendukung dan mendoakan kedua anak tersebut mampu mengikuti pelatihan nasional dan lolos, sehingga masuk menjadi pilar Garuda Muda untuk mengikuti SCWC di Rio Janeiro, Brazil.

Eldin berpesan selama menikuti pelatihan nasional, baik Dian maupun Budi diharapkan dapat menjaga kondisi fisik maupun mental. Dia yakin\pelatihan nasional sangat berat dan disiplinnya cukup tinggi. Ditambah lagi selama ini Dian dan Budi hidup bebas di jalan, tentunya sngat berat mengikuti peraturan maupun diksiplin latihan yang diterapkan.

“Jadi saya minta kuatkan mental kalian. Tanamkan dalam diri kalian, saya sudah datang ke Jakarta jadi harus berhasil. Yakinlah apabila kalian sudah berhasil nanti, maka pengorbanan dan jerih payah yang dilakukan selama mengikuti latihan akan dirasakan hasil dengan manis.

Untuk itulah tujukan kalian ini orang yang berdedikasi dan berprestasi tinggi, serta ingin melakukan perubahan nasib menjadi lebih baik lagi,” pesan Eldin seraya menyerahkan uang tali kasih kepada kedua anak jalanan tersebut.(**/WO)

Check Also

img-20170327-wa0020-1-640x427

Peringatan HUT Damkar, Petugas Diminta Siaga 24 Jam

Lutim, sidaknews.com – Sebagai upaya responsif jika terjadi kebakaran di wilayah Kabupaten Luwu Timur, Petugas …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>