Kamis , 23 Maret 2017
Home » Berita Foto » Dua Pejabat Disperindang Kepri Dituntut 1,5 Tahun Penjara

Dua Pejabat Disperindang Kepri Dituntut 1,5 Tahun Penjara

-Kasus Korupsi Kelebihan Dana Tera dan Kalibrasi.

Terdakwa Muchdawarman dan Tarmin terlihat santai di kursi pengunjung sidang sebelum menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Tanjungpinang beberapa waktu lalu. Foto: Rindu Sianipar.
Terdakwa Muchdawarman dan Tarmin terlihat santai di kursi pengunjung sidang sebelum menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Tanjungpinang beberapa waktu lalu. (Foto: Rindu Sianipar).

Tanjungpinang,sidaknews.com – Muchdawarman dan Tarmin yang menjadi terdakwa kasus korupsi kelebihan dana retribusi kalibrasi timbangan dan alat ukur (Tera) pada UPT Metrologi selama 2007–2011 di Dinas Perdagangan dan Industri (Disperindag) Provinsi Kepri dituntut sama yakni selama satu tahun dan enam bulan penjara.

Tuntutan pada dua mantan pejabat Disperindag Kepri ini dibacakan jaksa pada persidangan di Pengadilan Tipikor pada PN Tanjungpinang, Kamis (11/12).

“Atas perbuatannya, kami meminta majelis hakim supaya menghukum terdakwa selama satu tahun dan enam bulan penjara,” kata jaksa Fadeli membacakan tuntutannya.

Selain hukuman badan, kedua terdakwa juga dikenakan hukuman denda senilai Rp 50 juta subsider tiga bulan penjara serta membayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp 1,092 miliar.

Terkait uang pengganti, kedua terdakwa sudah mengembalikannya. Senilai Rp 677 juta dikembalikan terdakwa saat proses penyelidikan masih di Kejati Kepri. Sedangkan sisanya Rp 424 juta dikembalikan saat proses persidangan.

Jaksa menilai kedua terdakwa terbukti melanggar sebagaimana dalam dakwaan subsider pasal 3 jo pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Korupsi jo pasal 55 KUHP.

Terhadap tuntutan tersebut kedua terdakwa mengatakan akan mengajukan pembelaan (pledoi). Sidang yang dipimpin majelis hakim Aji Suryo tersebut akan dilanjutkan minggu depan.(Rindu Sianipar)

Check Also

Peneliti Jaringan Survei Inisiatif, Aryos Nivada

Aryos: Sengketa Hasil Pilkada Kewenangan MK, Bukan Wewenang Mahkamah Internasional

Banda Aceh, sidaknews.com – Menyikapi statemen dari Bale Seumike Aneuk Nanggroe (BESAN) yang mengancam akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>