Sabtu , 25 Maret 2017
Home » Berita Foto » Eks Kepala Bandara Hang Nadim Jalani Sidang Perdana

Eks Kepala Bandara Hang Nadim Jalani Sidang Perdana

-Kasus Korupsi Pengadaan Fasilitas Listrik Bandara Hang Nadim Batam.

Terdakwa Hendro Harijono saat menjalani proses persidangan di Pengadilan Tipikor Tanjungpinang, Rabu (19/11). Foto: Rindu Sianipar.
Terdakwa Hendro Harijono saat menjalani proses persidangan di Pengadilan Tipikor Tanjungpinang, Rabu (19/11). (Foto: Rindu Sianipar).

Tanjungpinang, Sidaknews.com – Mantan Kepala Bandara Hang Nadim Batam, Hendro Harijono (61) yang menjadi terdakwa kasus dugaan korupsi Pengadaan Fasilitas Lisrik di Bandara Hang Nadim Batam tahun 2011 menjalani sidang perdana di pengadilan Tipikor pada PN Tanjungpinang, Rabu (19/11).

Pantauan saat proses persidangan dengan agenda mendengarkan dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) tersebut, sejumlah kolega terdakwa terlihat hadir dan sesaki ruang sidang. Mereka datang bermaksud untuk memberikan dukungan moril kepada terdakwa yang menjalani proses hukum.

“Kita datang untuk memberikan dukungan moril saja sama beliau (terdakwa-red),” ujar salah satu kolega terdakwa yang enggan namanya disebut ini kepada sidaknews.com.

Selain kolega, tampak juga istri dan sanak keluarga mendampingi para terdakwa. Mereka “duduk manis” di kursi pengunjung ketika JPU membacakan dakwaannya di hadapan majelis hakim yang dipimpin Parulian Lumbantoruan SH MH dan didampingi dua hakim anggota ini.

Dalam dakwaan JPU, terdakwa didakwa pasal berlapis yakni pasal 2 ayat 1 jo pasal 18 ayat 1 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana yang diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Korupsi jo pasal 55 KUHP sebagaimana dalam dakwaan primer. Sedangkan dalam dakwaan primer, terdakwa didakwa dengan pasal 3 ayat 1 UU Tipikor.

Menanggapi dakwaan tersebut, terdakwa melalui kuasa hukumnya Bernat Nababan SH akan mengajukan tanggapan terhadap dakwaan JPU tersebut (eksepsi) pada persidangan selanjutnya. Sidang akan dilanjutkan minggu depan.

Dalam dakwaan JPU, terdakwa Hendro Harijono yang menjadi Kuasa Pengguna Anggaran (PA) menerima dua proyek dalam satu paket dari Kementrian Perhubungan Direktorat Jendral Perhubungan Udara di Bandara Hang Nadim Batam dengan pagu dana sekitar Rp 11 miliar.

Proyek pertama yakni proyek pengadaan dan pemasangan genset 750 KVA termasuk panel distribusi dan ACOS (Automatic Change Over Switch) senilai Rp 3,2 miliar. Sedangkan proyek kedua yang masih satu paket yakni pengadaan dan pemasangan lampu di jalur runway bandara atau AFL (Airfield Lighting System).

Adapun modus perkara sesuai dalam dakwaan JPU, yakni para terdakwa diduga melakukan manipulasi harga pada sejumlah item proyek pengadaan fasilitas listrik tersebut sehingga tidak sesuai dengan spesifikasi awal pada perjanjian kontrak.

Adapun total perkiraan kerugian negara yang timbul akibat perkara tersebut, sesuai dengan audit BPK dan ahli kelistrikan senilai Rp 5.977.251.200,- dengan rincian Rp 5,342.172.404,- pada proyek pengadaan AFL dan Rp 635.078.796,- pada pengadaan dan pemasangan genset 750 KVA termasuk panel distribusi dan ACOS.

Selain mantan Kepala Bandara Hang Nadim ini, pada hari ini juga digelar persidangan terdakwa Waluyo yang menjabat sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam proyek pengadaan fasilitas listrik bandara tersebut. Waluyo disidang terpisah (disiplit).

Sekedar diketahui, selain kedua terdakwa dalam kasus ini juga, pihak Kejari Batam telah menetapkan dua tersangka lainnya yakni Direktur CV Indihiang Kuring, Agus Mulyana yang memenangkan proyek pengadaan dan pemasangan genset 750 KVA termasuk panel distribusi dan ACOS.

Dan Idit Mujuat Tulkin, Direktur Utama PT Mandala Dharma Krida yang mendapatkan proyek pengadaan dan pemasangan lampu di jalur runway bandara atau AFL (Airfield Lighting System).”Saat ini, kita sedang melengkapi berkas keduanya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah siap dan dilimpahkan ke pengadilan,” ujar JPU Tengku Firdaus yang juga menjabat sebagai Kasipidsus Kejari Batam kepada media ini usai persidangan.(Rindu Sianipar)

Check Also

KETUA Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh Ir. Teuku Alaidinsyah M. Eng saat membuka secara resmi Orientasi Kepalangmerahan dan Musyawarah Kerja Kabupaten (Mukerkab) PMI Bireuen. FOTO/TARMIZI A. GANI.

Musyawarah Kerja PMI Kabupaten Bireuen Dibuka Teuku Alaidinsyah

Bireuen, sidaknews.com – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh Ir. Teuku Alaidinsyah M. Eng membuka …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>