Home » Daerah » Makassar » Enam Terdakwa Korupsi Alkes Pinrang Divonis 1 Tahun

Enam Terdakwa Korupsi Alkes Pinrang Divonis 1 Tahun

MAKASSAR,Sidaknews.com – Enam terdakwa korupsi pengadaan alat kesehatan di Dinas Kesehatan Pinrang divonis 1 tahun penjara di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Makassar, Rabu (12/3) siang.

Keenam terdakwa masing-masing Andi Chaidir Arifuddin (Camat Patampanua), Aliah (Pimpinan Kegiatan) yang juga Kasubag Dinkes Pinrang, Lantong (Pemeriksa Barang), Rabiatul (Kasi Puskesmas Padaidi), Sakka Majeng (Anggota pemeriksa barang) dan Irwan Hamzah (Kepala Puskesmas) yang juga bendahara penerima barang. Selain vonis badan, para terdakwa juga dikenakan denda Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan.

Majelis Hakim yang diketuai Franky Tambuwun menilai ke enam terdakwa terbukti secara sah serta meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi penyalahgunaan kewenangan seperti yang diatur dalam Pasal 3 Undang Undang Tipikor.

“Masing-masing terdakwa dijatuhi hukuman 1 tahun penjara denda Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan,” tegas majelis hakim, Franky.

Terdakwa dinilai tidak mendukung program pemerintah dalam hal pemberantasan korupsi. Perbuatan para terdakwa dinilai merugikan keuangan negara.

“Hal-hal yang meringankan adalah para terdakwa bersikap kooperatif, sopan dalam persidangan dan tidak pernah dihukum,” katanya.

Menanggapi putusan majelis hakim, Jaksa Penuntut Umum (JPU) serta para terdakwa menyatakan fikir-fikir. “Kami pikir-pikir dulu,” kata JPU, Parawansa. Keenam terdakwa dituntut 1 tahun 6 bulan penjara denda Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan. Mereka didakwa merugikan negara.

Proyek ini adalah kegiatan pengadaan sarana dan prasarana kesehatan di Puskesmas,pustu dan Polindes tahun 2006. Selaku rekanan adalah PT Rajawali Nusindo.(BKM)

Check Also

Kepala Satpol PP Konut, Sahabuddin.S.sos

Pengusaha THM Dihimbau Patuhi Aturan Selama Ramadhan

Wanggudu, sidaknews.com – Para pengusaha khususnya pengusaha Tempat Hiburan Malam (THM) di Kabupaten Konawe Utara …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>