Minggu , 28 Mei 2017
Home » Berita Foto » Fahri Hamzah sebut penyadapan KPK cederai demokrasi dan HAM

Fahri Hamzah sebut penyadapan KPK cederai demokrasi dan HAM

fahri-hamzah-sebut-penyadapan-kpk-cederai-demokrasi-dan-ham2Sidaknews.com – Anggota Komisi III DPR Fahri Hamzah mengkritik keras tindakan KPK yang sering kali menyadap di luar aturan. Fahri menilai, tindakan KPK ini masuk dalam pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

Fahri mengaku telah melakukan penelitian pribadi terkait kasus yang telah ditangani oleh KPK. Dia berpandangan, aturan penyadapan harus diatur ketat tidak seperti sekarang yang dilakukan oleh Abraham Samad cs.

“Saya telah meneliti beberapa dokumen tindak pidana korupsi yang sudah selesai di KPK. Saya investigasi, semua penyadapan enggak ada dalam BAP, mengerikan pak, dikuntit bertahun-tahun, bagaimana satu hari mereka terima uang tapi anda menguntit bertahun-tahun bagaimana caranya. Ini operasi intelijen pak, demokrasi pak enggak bisa,” ujar Fahri dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi III DPR dan KPK di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (2/12).

Dia menegaskan, tindakan penyadapan yang dilakukan KPK menyalahi aturan. Akibatnya, kata dia, negara Indonesia bisa dianggap sebagai negara yang tidak menghargai Hak Asasi Manusia (HAM).

“Negara enggak boleh menegakkan hukum dengan begini, dicoret kita dari negara-negara yang menghargai HAM,” terang dia dengan nada tinggi.

Karena itu, Fahri ingin tahu tata cara penyadapan yang dilakukan oleh KPK selama ini. Dia pun mendesak agar KPK tak hanya memberantas korupsi tetapi juga melakukan pencegahan di dalam sistem birokrasi yang berpeluang orang melakukan korupsi.

“Ini transisi, adanya kebebasan transisional orang punya kebebasan, dengan kebebasan dia tidak terbiasa punya kewenangan, sekarang punya. Karena sifat pembagian kekuasaan lalu orang mulai belajar, saya punya kuasa dari sana mulai ada tawar menawar dari pihak lain,” pungkasnya.sumber.merdeka.com

Check Also

Dandim Pimpin Pelepasan Kasdim 0111 Bireuen

Bireuen, sidaknews.com – Komandan Kodim (Dandim) 0111/Bireuen Letkol Arm Adekson, memimpin acara pelepasan Kasdim Mayor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *