Home » Berita Foto » Fajar Hasta Kusuma Jabat Danpomal Lantamal IV Tanjungpinang

Fajar Hasta Kusuma Jabat Danpomal Lantamal IV Tanjungpinang

Keterangan Gambar: Logo Pomal.
Keterangan Gambar: Logo Pomal.

Tanjungpinang,Sidaknews.com – Mayor Laut (PM) Fajar Hasta Kusuma resmi menjabat sebagai Komandan (POMAL) Lantamal IV Tanjungpinang menggantikan pejabat lama, Letkol Laut (PM) R.Pentarjo Adi P SH.

Acara serah terima jabatan (sertijab) dilaksanakan Selasa (3/2) di aula Markas Komando (Mako) Lantamal IV Tanjungpinang yang dipimpin langsung Komandan Lantamal (Danlantamal) IV Laksma TNI Sulistiyanto, SE.Msc.

Pentarjo Adi selanjutnya akan menempati tugas baru di Satuan POMAL Markas Besar (Mabes) TNI AL. Sedangkan Fajar sebelumnya menjabat Danden POMAL Balikpapan.

Dalam sambutannya, Danlantamal IV mengatakan jika sertijab merupakan salah satu langkah kaderisasi , sekaligus merupakan upaya pembaharuan semangat dan penyegaran pemikiran di jajaran POMAL Lantamal IV.

“Momentum penting ini merupakan kesempatan dan peluang bagi perwira- perwira generasi yang lebih muda untuk berimprovisasi mengembangkan kepemimpinan dan kemampuan koseptualnya di bidang hukum dan kepolisian militer, sehingga diharapkan dapat menampilkan kinerja organisasi yang semakin segar, sehat dan dinamis,” ujar Danlantamal, Laksma TNI Sulistiyanto SE Msc.

Jabatan POMAL, lanjut dia, merupakan salah satu jabatan yang sangat penting dalam proses pembinaan personel. POMAL adalah satuan kerja yang bertanggungjawab pada pelaksanaan penegakan tata tertib dan disiplin di lingkungan Lantamal IV.

“Itu semua hanya akan dapat dicapai apabila dilaksanakan pengawasan secara ketat dan rutin. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi dan mencegah anggota untuk berbuat salah atau melanggar hukum, yang pada akhirnya dapat diterapkan metode reward dan punishment secara adil,” papar Sulistiyanto.

Dilanjutkan Sulistiyanto, jika citra dan nama baik TNI AL khususnya Lantamal IV sampai saat ini masih baik di mata masyarakat sekitar.

“Namun, seperti kita ketahui bersama, masih ada juga oknum-oknum anggota yang tidak mengindahkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI AL.

“Masih ada oknum-oknum anggota kita yang tidak bertanggungjawab dan lupa jatidirinya sebagai prajurit matra laut sejati dengan sengaja telah melanggar norma agama, susila, hukum yang berlaku untuk kepentingan pribadi,” sebut Danlantamal.

Oleh karena itu, Sulitiyanto berharap agar POMAL dapat menunjukkan eksistensinya dan mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

“Diharapkan dapat lebih proaktif dalam mencegah dan mendeteksi dini setiap pelanggaran hukum yang dilakukan anggota jajaran lantamal IV,” katanya.

Selain memberikan wejangan (nasehat), Danlantamal juga mengucapkan terima kasih pada pejabat lama atas pengabdiannya selama ini.

“Kepada pejabat yang baru, saya ucapkan selamat. Mudah-mudahan berbekal loyalitas, dedikasi serta penugasan saudara selama ini, saudara dapat meneruskan bahkan meningkatkan apa yang telah dicapai dan dihasilkan oleh pejabat sebelumnya,” ujarnya.

Acara sertijab juga dihadiri Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Tanjungpinang dan undangan lainnya. (Rindu Sianipar)

Check Also

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama tim sukses enam pasang calon, panelis, kepolisian, serta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh melakukan evaluasi debat kandidat terbuka kedua

Dievaluasi, Debat Kandidat Kedua Cagub Aceh

Banda Aceh, sidaknews.com – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama tim sukses enam pasang calon, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>