Kamis , 25 Mei 2017
Home » Berita Foto » Festival Cirebonan Hibur Malam Mingguan Warga Purwakarta

Festival Cirebonan Hibur Malam Mingguan Warga Purwakarta

Festival Cirebonan Hibur Malam Mingguan Warga Purwakarta.
Festival Cirebonan Hibur Malam Mingguan Warga Purwakarta. Jalin Persahabatan Membangun Keharmonisan dalam Kebudayaan untuk menyatukan Kebudayaan di Jawabarat.

PURWAKARTA,Sidaknews.com – Ada yang berbeda bagi warga Purwakarta, dimalam minggu,karena para warga disuguhi oleh berbagai kesenian dari Cirebon di sepanjang jalan sudirman hingga Tjeplak (Gedung Kembar).Sabtu Malam (7/3) Purwakarta.

Kegiatan yang dinamai dengan Festival Cirebonan ini menyuguhkan empat panggung kesenian dari Cirebon,diantaranya Tarling,Wayang Cepak,Genjring dan Tayub.

Menurut Bupati Purwakarta,H. Dedi Mulyadi,SH., mengungkapkan bahwa festival cirebonan digelar bertujuan untuk mempererat tali silahturahmi antara Cirebon dan Purwakarta melalui Budaya “baik cirebon dan Purwakarta merupakan bagian dari Jawa Barat, memiliki ciri khas masing – masing yang harus dilestarikan dan dikembangkan.”, singkatnya,

Hal senada juga diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kota Cirebon, H. Asep Dedi, mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini harus terus ditingkatkan dalam membangun kerja sama antar daerah terutama daerah di Jawa Barat.

“Saya apresiasif dan mendukung apa yang telah digagas oleh kang Dedi yang menjalin persahabatan membangun keharmonisan dalam kebudayaan untuk menyatukan kebudayaan di Jawa barat dimana kesenian cirebon bisa dilihat oleh masyarakat Purwakarta dan kedepan kitapun inginkan kesenian Purwakarta bisa dilihat masyarakat Cirebon.”, ujarnya.

Sedangkan menurut salah seorang warga Perumahan Panorama, Tonton yang juga berasal dari Cirebon, mengungkapkan rasa syukurnya,menurutnya adanya festival Cirebonan di Purwakarta, seakan melepas kerinduan pada kampong halaman.

“Sudah lebih dari 10 tahun, meninggalkan Cirebon, adanya festival seperti ini seakan bernostalgia juga merasakan atmosfer ke Cirebon, soalnya kan tadi ada juga stan kuliner lengko.”, ucap ayah dua orang anak ini.

Selain, panggung kesenian berbagai macam kerajinan khas Cirebon pun hadir dalam kegiatan yang bertajuk “Peuting Panineungan” ini, diantaranya kerajinan keramik Plered, Seni Lukis, Batik Organik hingga kuliner berupa empal gentong, tahu gejrot dan nasi lengko.

Selain itu para pejabat baik Kota maupun Kabupaten Cirebon juga turut hadir dalam kegiatan tersebut, bahkan mereka pun berbaur bersama warga untuk menikmati keindahan taman sribaduga.(karla)

Check Also

Indonesia Perlu Belajar Toleransi Dari Keberagaman di Sipirok

Sipirok, sidaknews.com – Keberagaman merupakan sesuatu yang tidak terpisahkan dari sebuah wilayah dalam suatu negara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *