Kamis , 30 Maret 2017
Home » Daerah » Babel » Festival Laskar Pelangi Melibatkan 1000 Penari Pelajar

Festival Laskar Pelangi Melibatkan 1000 Penari Pelajar

Festival Laskar Pelangi Melibatkan 1000 Penari Pelajar
Ilustrasi

Tanjungpandan, Sidaknews.com – Bertempat di Pusat Pasar Kota Tanjungpandan, Belitung tepatnya di Kawasan Bundaran Simpang Lima Tanjungpandan(BSLT) Kabupaten Belitung KV Senang telah diadakan gladi bersih Puisi dan Jazz III pada Minggu sore (8/6) .

Gladi bersih ini melibatkan 1000 orang pelajar Belitung yang akan membawakan Tari mendulang Timah buah karya Penulis terkenal, Andrea Hirata yang rencananya akan digelar pada hari sabtu, tanggal 2I Juni 2014 mendatang dan akan menjadi suguhan utama dalam event wisata budaya bertajuk Puisi dan Jazz Festival Laskar Pelagi di Pulau Belitung.

Tari Pendulang Timah ini buah karya penulis novel Laskar pelangi Anrdrea Hirata ini diciptakanya disaat acara Festival pelangi 2010 di Gantung, Belitung Timur pada waktu itu , tari pendulang Timah menjadi sorotan kamera dari berbagai media.

Aspresiasi yang besar juga dijumpai Andrea Hirata ketika berkunjung ke Astrulia dalam rangka menghadiri undangan sebuah Festival buku tahunan. Di Australia ternyata tari pendulang timah ini diminati oleh Australia dan orang luar Negeri lainya.

Dengan Format 12 orang penari. ”Tari pendulang timah punya masa depan dan jangan lupa Tari pendulang timah ini sangat kultur karena. Dia sebetulnya mengkereografikan kehidupan masyarakat tambang Belitong,” jelas Andrea Hirata kepada Sidaknews, diselah acara gladi bersih, minggu (8/6).

Pelaksanaan tari pendulang timah ini yang akan digelar pada Tanggal 2I Juni 2014, dalam rangka Festival Laskar Pelangi akan di ikuti 1000 orang pelajar.

”Saya sendiri tidak menyangka tari ciptaanya tersebut bisa ditampilkan secara masal,” kilahnya kepada Sidaknews.com.

Andrea Hirata bermimpi, suatu saat tari pendulang timah dan Festival laskar pelangi Buah karya ciptaanya akan menjadi ikon even budaya Belitung. Keyakinan Andrea Hirata dengan mimpinya itu akan terwujud, dengan dukungan dari Gubernur, Bupati, Dinas, Pelaku Wisata, Pelaku Seni dan pelajar serta guru dan masyarakat Belitung.

“Saya sudah empat tahun mimpikan ini terjadi dan insyah Allah mimpi itu akan terwujud pada tanggal 21 Juni ini.”

Komitmen Kabupaten Belitung ternyata luar biasa dan saya berharap pada acara Festival laskar pelangi ini akan bisa menjadi selling ponit pariwisata Belitung. (Andama)

 

Check Also

img-20170327-wa0020-1-640x427

Peringatan HUT Damkar, Petugas Diminta Siaga 24 Jam

Lutim, sidaknews.com – Sebagai upaya responsif jika terjadi kebakaran di wilayah Kabupaten Luwu Timur, Petugas …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>