Kamis , 23 Maret 2017
Home » Berita Foto » Fokus JP Mengutuk Intimidasi Pers di Karawang

Fokus JP Mengutuk Intimidasi Pers di Karawang

Forum Komunikasi Jurnalis Purwakarta (Fokus JP) dalam kegiatan HPN
Forum Komunikasi Jurnalis Purwakarta (Fokus JP) dalam kegiatan HPN.

PURWAKARTA,sidaknews.com – Forum Komunikasi Jurnalis Purwakarta (Fokus JP) mengutuk keras pihak-pihak tertentu yang melakukan intimidasi kepada media dan awak media yang belakangan ini banyak menimpa kalangan pers di Karawang.

“Bukan tidak mungkin hal serupa juga terjadi di Purwakarta, ini perlu penanganan yang lebih serius oleh aparat penegak hukum,” kata Koordinator Fokus JP, Oyang ST Binos.

Selain itu, lanjut Binos, kawan-kawan media di Purwakarta turut prihatin atas apa yang menimpa kawan-kawan pers di Karawang yang mendapatkan intimidasi dari oknum tertentu. “Hendaknya aparat berwenang setempat segera mengusut tuntas hal tersebut,” imbuhnya.

Hal senada juga dikatakan anggota Fokus JP Imron Hidayat, pers merupakan salah satu pilar demokrasi yang salah satu fungsinya untuk kontrol sosial, jika ada pihak yang melakukan intimidasi, ancaman terhadap pers dalam melakukan tugasnya, adalah sebuah tindakan kejahatan yang menghalangi kebebasan pers.

“Jika upaya kita untuk memberikan informasi kepada publik mendapatkan intimidasi dari oknum tertentu, sudah selayaknya aparat berwenang bertindak tegas,” ujar Imron.

Kini, tambah Imron, sudah bukan jamannya lagi pihak-pihak tertetun melakukan ancaman atau intimidasi kepada insan pers. Menurutnya jika memang ada sebuah pemberitaan atau informasi yang dimuat disalah satu media tidak sesuai atau tidak berkenaan dengan pihak tersebut ada beberapa langkah yang bisa ditempuh, bukan dengan intimidasi atau kekerasan.

“Pihak terkait, jika memang pemberitaannya tidak sesuai, bisa melakukan langkah-langkah seperti melakukan somasi dan memberikan hak jawab sebagai klarifikasi, jangan dengan kekerasan,” pungkasnya. (ega)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Check Also

Peneliti Jaringan Survei Inisiatif, Aryos Nivada

Aryos: Sengketa Hasil Pilkada Kewenangan MK, Bukan Wewenang Mahkamah Internasional

Banda Aceh, sidaknews.com – Menyikapi statemen dari Bale Seumike Aneuk Nanggroe (BESAN) yang mengancam akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>