Senin , 29 Mei 2017
Home » Daerah » Aceh » Aceh Selatan » FORPALA bersepeda santai dan tanam perdana bibit Pala

FORPALA bersepeda santai dan tanam perdana bibit Pala

-Dalam rangka uji Observasi bersama Bupati Aceh Selatan.

Penanaman Bibit Pala Sambutan Oleh Bupati Kab. Aceh Selatan dan Ketua Forum Pala Aceh.
Penanaman Bibit Pala Sambutan Oleh Bupati Kab. Aceh Selatan dan Ketua Forum Pala Aceh.

Aceh Selatan,Sidaknews.com – Penanaman Bibit Pala Sambutan Oleh Bupati Kab. Aceh Selatan dan Ketua Forum Pala Aceh Tapaktuan (07/12). Forum Pala Aceh (FORPALA) berkejasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Selatan dan USAID IFACS Regional Aceh.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyelenggarakan kegiatan Penanaman Perdana Bibit Pala Sambutan (sambung pala hutan) untuk uji observasi yang dikemas dalam kegiatan bersepeda santai di Kota Tapaktuan dengan lokasi penanaman Kolam Aroya Gampong Lhok Bengkuang Kecamatan Tapaktuan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Aceh Selatan, Ketua FORPALA, Kepala dinas terkait, Komonitas Sepeda KUETA dan masyarakat petani pala Kecamatan Tapaktuan. Penanaman Bibit Pala Sambutan ini merupakan rangkaian kegiatan Ulang Tahun Kabupaten Aceh Selatan yang ke-69 (28 Desember 2014) dan HUT FORPALA ke-4 (8 Desember 2014).

Dalam kata sambutan ketua Forum Pala Aceh DR. Mustafril, ST., M.Si, mengatakan bahwa penanaman bibit pala sambutan hari ini adalah langkah awal untuk menjadikan bibit pala sambutan sebagai varitas bibit unggul Bagi Aceh Selatan khususnya dan Provinsi Aceh umumnya dengan cara melakukan uji observasi terhadap Bibit Pala Sambutan hingga 3 tahun mendatang.

Saat FORPALA sedang mengembangkan pembibitan Pala Sambutan di 11 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Selatan dengan total bibit yang akan dihasilkan mencapai ± 55.000 bibit pada awal tahun 2015. Kegiatan ini didukung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Selatan dan USAID IFACs Regional Aceh.

Selanjutnya Bupati Aceh Selatan H. T. Sama Indara. SH, mengapresiasikan kegiatan FORPALA yang telah melakukan inovasi dan kreasi baru untuk pengembangan komoditi pala, Bapak Bupati juga mengatakan jika kita umpamakan pala produksi tinggi adalah A , pala hutan adalah B dan pala sambutan adalah C maka rumusnya A+B = C, artinya kita sudah dapat menemukan bibit unggul yang baru dengan harapan dapat bermanfaat bagi petani pala di Kabupaten Aceh Selatan dan Provinsi Aceh umumnya.

Kegiatan ini di tutup dengan penamanan Perdana Bibit Pala Sambutan oleh Bupati Aceh Selatan dan Ketua Forum Pala Aceh yang diikuti oleh kepala dinas dan instansi terkait serta petani pala dan komunitas bersepeda Kueta yang diketuai oleh Erwiandi, S.Sos, M.Si.(Hasbi)

Check Also

Suasana Ramadhan di Kota Peureulak Spontan Berubah, Pedagang Musiman Penuh Disepanjang Jalan

Aceh Timur, sidaknews.com – Kebiasaannya setiap tahun penjualan jajanan atau bukaan puasa penuh di jalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *