Home » Berita Foto » Gebyar PAUD 2014 di Karawang Meriah

Gebyar PAUD 2014 di Karawang Meriah

Gebyar Paud
Gebyar Paud 2014 di Karawang Meriah.

KARAWANG,Sidaknews.com – Sekitar 1.500 anak-anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) se-Kabupaten Karawang memadati Lapang Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, Sabtu kemaren (24/5/2014) dalam acara Gebyar PAUD Kabupaten Karawang Tahun 2014. Anak-anak terbaik hasil seleksi Gebyar PAUD di tingkat kecamatan beberapa waktu lalu ini kembali unjuk talentanya di hadapan juri tingkat kabupaten.

Bersamaan dengan acara Gebyar PAUD ini, Bupati Karawang Drs. H. Ade Swara mengukuhkan istrinya Hj. Nurlatifah Swara sebagai Bunda PAUD Kabupaten Karawang. Usai dikukuhkan sebagai Bunda PAUD Kabupaten Karawang, Hj Nurlatifah mengukuhkan 30 Bunda PAUD kecamatan.

Usai dikukuhkan, Hj. Nurlatifah menyatakan, meski tidak ada acara pengukuhan pun dia tetap merasa bertanggungjawab mengembangkan dunia PAUD di Kabupaten Karawang, karena membentuk karakter anak-anak generasi bangsa ini merupakan kewajiban semua orang tua. Kata dia, PAUD merupakan lembaga yang dibentuk masyarakat untuk masyarakat dan hingga kini di Kabupaten Karawang sudah terdapat 600 lebih lembaga PAUD.

Gebyar Paud3“Jumlah PAUD itu harus diiringi kuantitas dan kualitas, serta sistem manajemen yang baik. Saya berharap lembaga PAUD di Karawang mampu menciptakan generasi emas yang berakhlakul karimah” ucapnya.

Sementara itu, Ade Swara dalam sambutannya menyatakan, PAUD merupakan pendidikan dasar untuk jenjang pendidikan selanjutnya. Sehingga, pada usia ini pendidikan anak jangan dianggap main-main.

Maka, pada perkembangannya intelektual anak ini sangat membutuhkan pendidikan dan makanan yang baik juga sehat untuk otak, karena otak juga perlu nutrisi, ini wajib diketahui oleh orang tua, ini hal penting yang harus mendapat perhatian.

“Pendidikan pun perlu biaya yang tidak sedikit, ini membuktikan kesungguhan kita sebagai orang tua untuk mendidik anak-anak, harus ada integrasi mendidik antara guru dan orang tua,” kata bupati.

Gebyar Paud2Selain itu, bupati mengatakan, pendidikan ini perlu kebersamaan dan sinergitas dari semua pihak, karena jika pendidikan hanya mengand alkan APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) akan sulit. Untuk itu, butuh dukungan elemen masyarakat dan perusahaan di Kabupaten Karawang untuk bisa maningkatkan kualitas pendidikan.

“Pemerintah daerah selama ini memang belum banyak melakukan yang terbaik, tetapi kini Karawang sudah menjadi kabupaten terbaik ketiga se-Jawa Barat, mudah-mudahan kita bisa mendukung perkembangan PAUD kedepan,” ungkapnya.

Kasubdit Kelembagaan dan Kemitraan Direktorat Pembinaan PAUD, Dirjen PAUDNI Kemendikbud RI, Drs. Mansyur Simamora MM, memaparkan, keberadaan Bunda PAUD ini merupakan figur yang bisa memberi motivasi dan menghimpun dana dari masyarakat termasuk perusahaan, karena pada prinsipnya hal itu yang sangat diharapkan dari Bunda PAUD. Di Karawang ini sudah tuntas 1 desa 1 PAUD, ini selaras dengan program nasional.

“Ada dua program utama yang berkaitan dengan PAUD ini, terutama setelah ada himbauan presiden, anak usia 0 hingga 6 tahun bisa supaya mendapatkan pendidikan PAUD. Untuk itu, diharapkan hingga ke desa pun ada Bunda PAUD, ini bisa dilakukan secara berjenjang,” jelasnya.

Gebyar Paud4Kata dia, saat ini situasi anak sangat mencekam dengan banyaknya pengaruh lingkungan yang bisa membentuk karakter anak jadi buruk. Dengan begitu, supaya anak-anak tidak tergoda, maka anak usia 0 hingga 6 tahun bisa masuk PAUD agar dibentengi dari hal yang membahayakan itu.

“PAUD ini prioritas, karena pada usia emas ini sel-sel otak sudah terbentuk 90 persen, jika ini sudah terbentuk, maka sangat menentukan perkembangan anak bangsa kedepan. Pada 100 tahun Indonesia merdeka, harus ada kado anak Indonesia supaya cerdas dan komprehensif,” akunya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahrgara (Disdikpora) Karawang Drs. H. Agus Supriatman menjelaskan, kegiatan ini berdasarkan program dinas pendidikan dan Gebyar PAUD ini dipadukan dengan pengukuhan Bunda PAUD Kabupaten Karawang, tujuannya agar bisa terjalin silaturahmi dan apresiasi kepada yang berprestasi, ini juga sebagai promosi pengembangan dunia pendidikan anak usia dini.

“Jadi, kita awali dengan memndidik lebih serius anak-anak usia dini ini, agar jadi anak yang berkarakter dan berakhlak mulia,” kata Agus.

Pada acara ini, sebanyak 1.500 anak PAUD mengikuti ragam lomba, diantaranya mewarnai, paduan suara, kreasi termasuk peragaan busana kartini. Berdasar evaluasi, PAUD di Kabupaten Karawang termasuk tiga besar se-Jawa Barat dan telah mendapat beberapa prestasi. Sedangkan perkembangan PAUD di Karawang hingga tahun 2014 ini telah mengalami perkembangan yang signifikan hingga 924 lembaga PAUD se-kabupaten.(ega nugraha)

 

 

 

 

 

 

 

Check Also

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menaiki becak motor menuju gedung

Sah! Kapolri Dianugerahkan Gelar Datok Perdana Satria Wangsa

Tanjungpinang, sidaknews.com –  Kapolri Jenderal Tito Karnavian resmi dianugerahi gelar kehormatan Datok Perdana Satria Wangsa …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>