Home » Berita Foto » Gegen, Pelaku Pemalsuan Dokumen K2 harus segera Diusut dan diberi sanksi

Gegen, Pelaku Pemalsuan Dokumen K2 harus segera Diusut dan diberi sanksi

Pegawai Honoer
Pegawai Honoer.

Purwakarta,Sidaknews.com – Pengamat hukum Purwakarta meminta kasus dugaan pemalsuan dokumen pegawai Kategori II, tak hanya berhenti di Inspektorat Daerah (Irda) kabupaten Purwakarta, harus diusut tuntas sampai ketingkat hukum.

Pengamat hukum Purwakarta juga sebagai sekretaris Pengadilan Negeri Purwakarta Gegen Diosya SR, SH meminta agar kasus tersebut harus dilanjutkan ke ranah hukum.

Harus dilakukan karena untuk memastikan penyelenggaraan pemerintahan berjalan adil dan terbuka.

“Dugaan Pemalsuan dokumen honorer K2 di Kabupaten Purwakarta tidak cukup berhenti sampai verifikasi Inspektorat Kabupaten Purwakarta dan BKD, tapi masalah ini perlu dilanjutkan sampai ke proses hukum,” jelasnya Minggu (23/3) melalui selulernya

Bukan hanya menghimbau saja namun harus dilanjutkan ke ranah hukum, karena dugaan adanya pelanggaran serius dari kasus pemalsuan dokumen pegawai, yang lebih parah dokumen tersebut adalah dokumen negara yang pemanfaatanya untuk penyelenggaraan pemerintahan.

“Pihak kepolisian harus segera melakukan penyidikan, karena dugaan pemalsuan dokumen apalagi yang menyangkut bahan dokumen negara dan pasti merugikan pihak lain adalah suatu Delik Pidana (kejahatan),” ujarnya.

Pasal yang dikenakan bisa dipasal 263 KUHP tentang Pemalsuan Surat jelas pelaku diancam hukuman kurungan Enam sampai Delapan tahun penjara bila terbukti, dan ini adalah permasalahn serius.

“Bila sudah melibatkan pejabat lebih parah lagi, juga sesuai pemberitaan di koran yang menyebutkan ada oknum Doktor yang diduga memalsukan dokumen tersebut,” paparnya.

Dugaan dari kasus ini juga tidak akan jauh dari dugaan praktek suap menyuap untuk dapat meloloskan pegawai yang bersangkutanan hal ini sangat memperihatinkan bila banyak oknum pejabat malah banyak terlibat.

“Ini perlu ditindaklanjuti secara proporsional melalui proses penegakan hukum, hasil investigasi dan verifikasi yang telah dilakukan oleh Tim intern Pemda Kabupaten Purwakarta dalam hal ini Irda harus secepatnya memperoleh hasil, bila memang terbukti sanksi juga harus dijatuhkan tanpa tebang pilih,”tegasnya.(Adi tarigan)

Check Also

Ular Phyton yang sudah diamankan warga Tangjung

Penduduk Tanjungkapur Dikejutkan Penangkapan Ular Piton Liar

Bintan, sidaknews.com – Warga setempat menemukan dan menangkap seekor ular piton besar di depan sebuah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>