Jumat , 26 Mei 2017
Home » Berita Foto » Gembong Bandar Narkoba Ditangkap

Gembong Bandar Narkoba Ditangkap

Kasat Narkoba Polres Tanjungpinang
AKP.Soeharnoko. Kasat Narkoba Polres Tanjungpinang.

Tanjungpinang,Sidaknews.com – Gembong bandar narkoba Tanjunguban ditangkap jajaran Polres Tanjungpinang pada 22 Mei lalu. Penangkapan komplotan ini melibatkan seorang polisi wanita yang berhasil membekuk salah seorang bandar.

Kepala Satuan Reserse Narkoba Ajun Komisaris Polisi Soeharnoko kepada wartawan di Ruang Rapat Utama, Senin (26/5), mengatakan, penangkapan ketiga tersangka berawal dari informasi dari masyarakat. Disampaikan, ada seorang pria yang memiliki narkotika golongan I. Pria tersebut berada di wilayah Sei Jang.

Atas informasi tersebut, petugas melakukan penyelidikan ke lokasiyang disebutkan. Pria dengan ciri-ciri yang diinformasikan terlihat. Petugas kemudian melakukan penangkapan dan penggeledahan, sekitar pukul 15.00.

“Ternyata, tersangka yang kami tangkap pertama seorang kurir. Ia berinisial MH alias IW, warga Perumahan Bukit Raya,” ujarnya.

Dari hasil penggeledahan ditemukan dua paket sabu. MH mengaku mendapat barang kalau si pemilik barang adalah EA, warga Tanjunguban.

Malam harinya, sekitar pukul 20.00, posisi EA diketahui berada di sekitar Bundaran Batu 8 Atas, arah Dompak. Informasi yang diperoleh, ada seorang wanita dalam kelompok tersebut. “Kami membawa seorang polwan dalam penangkapan untuk menggeledah wanita yang diinformasikan ada di lokasi,” sebut Soeharnoko.

Saat dilakukan pemantauan, EA didapati bersama empat rekannya yang lain duduk di sebuah kedai kopi di Batu 8 Atas. Wanita yang disebutkan tak terlihat di lokasi.

Saat akan dilakukan penangkapan, lima orang pria tersebut berhamburan melarikan diri.

EA berhasil ditangkap oleh anggota Polwan yang dilibatkan dalam penangkapan ini, Ipda Zubaidah. Seorang rekan EA berinisial HS juga berhasil ditangkap oleh anggota yang lain. Tiga orang rekan EA lainnya melarikan diri dari lokasi penggerebekan.

“Kami sempat tertipu karena EA berteriak jika pemilik barang haram itu rekannya yang kabur. Anggota sempat akan menembakkan tembakan peringatan ke atas tapi tak jadi karena warga ramai saat itu,” ucap Soeharnoko.

Dari hasil penggeledahan tersangka EA ditemukan satu paket sedang sabu dengan berat sekitar 25 gram dan tiga paket daun ganja kering 10 gram. Mobil Toyota Avanza milik salah seorang komplotan diderek ke mapolres.

“Di dalam mobi, kami menemukan timbangan metrik untuk sabu,” ungkapnya.

Atas perbuatannya, ketiga tersangka dikenai Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009. Karena berperan sebagai kurir, MH diancam dengan pasal 114.

Sedangkan tersangka EA dan HS juga diancam dengan pasal 114 ayat 2 tentang perantara dalam jual beli narkotika jenis sabu lebih dari lima gram. Keduanya juga diancam dengan pasal 112 tentang kepemilikan narkotika, dan pasal 132 tentang perengkokolan atau sindikat.

Sementara itu, MH saat diwawancarai mengungkapkan, tugasnya hanya sebatas mengantar barang ke pemesan. Barang belum diantar, ia sudah ditangkap pihak kepolisian. Sedangkan EA mengakui, barang yang ada pada MH merupakan pesanannya. Persediaan sabu yang miliknya habis.

“Biasanya saya pesan ke Batam. Tapi, saya pesan di Tanjungpinang hari itu,” ungkapnya.Tiga rekannya yag berhasil melarikan diri dari penggerebekan itu adalah Hasim, Dedi, dan Ijal.(Red)

Check Also

Makjang…!!!, Gegara Dibakar Api Cemburu, Seorang Perempuan Dianiaya di Dalam Kios

Padangsidimpuan, sidaknews.com – Seorang Wanita berinisial SB alias I (22) warga Pijorkoling kecamatan psp tenggara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *