Rabu , 24 Mei 2017
Home » Berita Foto » Gerakan Penghijauan, Pemkab Sergai-PSBI Tanam Mangrove di Kawasan Konservasi

Gerakan Penghijauan, Pemkab Sergai-PSBI Tanam Mangrove di Kawasan Konservasi

MANGULOSI : Ketua Umum PSBI Pusat Drs. Effendi MS Simbolon beserta pengurus  didampingi anggota DPRD Provsu Muslim Simbolon, anggota DPRD Sergai Delphin Barus ST dan Togar Situmorang mangulosi Bupati Sergai Ir. H. Soekirman disela-sela acara Penanaman 1.000 Bibit Mangrove dikawasan konservasi pesisir laut Kampung Nipah Desa Sei Nagalawan Kecamatan Perbaungan, Kamis (18/12)
MANGULOSI : Ketua Umum PSBI Pusat Drs. Effendi MS Simbolon beserta pengurus didampingi anggota DPRD Provsu Muslim Simbolon, anggota DPRD Sergai Delphin Barus ST dan Togar Situmorang mangulosi Bupati Sergai Ir. H. Soekirman disela-sela acara Penanaman 1.000 Bibit Mangrove dikawasan konservasi pesisir laut Kampung Nipah Desa Sei Nagalawan Kecamatan Perbaungan, Kamis (18/12)

Perbaungan,Sidaknews.com – Dalam rangkaian mengisi sekaligus memeriahkan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke- IV, Punguan Simbolon Dohot Boruna (PSBI) se-Indonesia melakukan aksi peduli kelestarian lingkungan dengan menanam 1.000 bibit pohon mangrove kawasan konservasi pesisir laut dipusatkan di Kampung Nipah Desa Sei Nagalawan Kecamatan Perbaungan, Kamis (18/12).

Gerakan penghijauan pantai tersebut selain turut melibatkan Ketua Umum PSBI Pusat Drs. Effendi MS Simbolon juga dilakukan bersama Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman didampingi Ketua Harian PSBI Ir. Raden Simbolon, Ketua Penyelenggara Rakernas IV PSBI Ir. Leo Simbolon, MM, Sekretaris Anggiat P. Simbolon, SE dan Ketua PSBI Medan W. Simbolon.

Hadir juga dalam kegiatan penanaman 1.000 bibit bakau, anggota DPRD Provsu Muslim Simbolon, anggota DPRD Sergai Delphin Barus ST dan Togar Situmorang, Ketua PSBI Sergai Drs. Fajar Simbolon, Kadis Kanla Ir. H. Ramlan Matondang, M.Si, Kadis Hutbun Muhammad Aliuddin, SP, Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala, Camat Perbaungan Drs. Akmal Koto, Muspika Kecamatan Perbaungan, Pengurus dan anggota PSBI se-Kecamatan Sergai.

Selain aksi menanam bibit mangrove, pada kesempatan ini Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mendapat cenderamata tanda kekerabatan berupa ulos dari pengurus PSBI.

Mengawali sambutannya Ketua PSBI yang juga anggota DPR RI Drs. Effendi MS Simbolon mengatakan penanaman 1.000 bibit mangrove ini merupakan salah satu program dukungan terhadap pemerintah dalam gerakan penanaman 1 milyar pohon tiap tahunnya pada seluruh wilayah Indonesia.

Sehingga mampu menumbuhkan, memotivasi, serta menggerakkan jiwa dan semangat segenap masyarakat Indonesia untuk senantiasa mau secara kontinyu melakukan kegiatan penanaman pohon, jelas Ketua Umum PSBI Drs. Effendi MS Simbolon.

Disamping itu Effendi Simbolon memberi apresiasi terhadap Pemkab Sergai yang selama ini konsisten memberikan perhatian dan kepedulian kelestarian lingkungan, terbukti dengan banyak kegiatan serta pelaksanaan acara dari organisasi maupun lembaga yang bergerak di bidang lingkungan hidup didaerah dan hal ini diakomodir dengan baik oleh Pemkab Sergai.

Menutup sambutannya Effendi Simbolon menghimbau kepada seluruh jajaran pengurus maupun anggota PSBI di Indonesia dapat bekerjasama dan bahu membahu mendukung program pemerintah dalam segala aspek khususnya terhadap Pemkab Sergai.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman di sela penanaman menyatakan berterima kasih atas inisiatif jajaran pengurus PSBI tingkat pusat dan daerah dengan kepeduliannya dalam melestarikan kawasan konservasi laut. Melalui gerakan menanam bibit mangrove (bakau) di wilayah yang berada dipesisir garis pantai sepanjang ± 60 km2 sangat rentan kerusakan dari abrasi laut, dengan penanaman bibit mangrove dan cemara diharapkan kondisi pantai semakin lebih baik lagi, kata Bupati Sergai Ir. H. Soekirman.

Dengan terselenggaranya acara ini dapat menjadi tolok ukur memperkuat kebersamaan dalam harmonisasi keberagaman suku maupun budaya masyarakat di daerah ini, sehingga PSBI diharapkan berperan aktif memberikan kontribusi bagi pembangunan Sergai sekaligus membantu memperjuangkan penyelesaian persoalan pembangunan, kemasyarakatan maupun aspirasi dan keinginan terhadap pemerintah pusat, ujar Bupati Sergai Ir. H. Soekirman.

Sementara itu Ketua PSBI Sergai Drs. Fajar Simbolon dalam kesempatan terimakasih atas kepercayaan dewan pimpinan pusat PSBI yang memilih Kabupaten Sergai sebagai salah satu tempat melaksanakan program dan kerja nyata PSBI. Dan berharap kedepannya PSBI Pusat dapat merealisasikan program kerja yang bermanfaat dan dirasakan langsung tidak hanya bagi anggota tetapi bagi masyarakat luas.

Selain diikuti pengurus dan anggota PSBI dari Sergai, juga turut dihadiri dari Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Batubara, pungkas Fajar Simbolon. (Wan)

Check Also

Pemko Langsa Salurkan Dana Meugang Kepada 6.700 Fakir Miskin

Langsa, sidaknews.com – Menjelang bulan suci Ramadhan 1438 H, Pemerintah kota Langsa menyalurkan bantuan berupa uang untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *