Selasa , 23 Mei 2017
Home » Daerah » Jabar » Bandung » Gubernur Kukuhkan Dewan Kebudayaan Jabar 2014-2019

Gubernur Kukuhkan Dewan Kebudayaan Jabar 2014-2019

Keterangan Foto: Ahmad Heryawan mengukuhkan kepengurusan Dewan Kebudayaan Jawa Barat (DKJB) periode 2014-2019.
Keterangan Foto: Ahmad Heryawan mengukuhkan kepengurusan Dewan Kebudayaan Jawa Barat (DKJB) periode 2014-2019.

Bandung – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengukuhkan kepengurusan Dewan Kebudayaan Jawa Barat (DKJB) periode 2014-2019. Pengukuhan digelar di Aula Barat Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22 Bandung, pada Kamis (12/3).

Pengukuhan ini berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat No. 430/Kep.1592.Yansos/2014 tentang Dewan Kebudayaan Jawa Barat Periode Tahun 2014-2019 yang ditandatangani pada tanggal 27 November 2014.

Para pengurus yang ada dalam DKJB ini berasal dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi, namun mempunyai kepedulian terhadap budaya yang ada. Gubernur Ahmad Heryawan mengatakan hal ini tidak menjadi masalah, karena pihaknya ingin mengembangkan serta melestarikan seluruh jenis budaya yang melingkupi berbagai bidang kehidupan.

“Para budayawan dengan segala artinya (profesi dan latar belakang) ada di Dewan Kebudayaan ini. Mereka hadir dengan berbagai latar belakang keilmuannya masing-masing, tetapi kita hadir dalam sebuah komunitas yang ingin melestarikan seluruh jenis budaya yang melingkupi kehidupan kita”, ungkap Gubernur dalam sambutannya.

Gubernur pun mengatakan pentingnya pelestarian budaya ini karena kita sebagai manusia merupakan aktor utama dalam pembentukan budaya sebagai bagian dari kehidupan. Untuk itulah, Jawa Barat membentuk Dewan Kebudayaan dalam rangka menggerakkan pemeliharaan kebudayaan yang ada di Jawa Barat.

“Harus kita sepakati juga bahwa aktor dari kebudayaan itu adalah manusia. Seharusnya manusialah yang menentukan kebudayaan yang ada di dalam berbagai kehidupannya. Bukan jenis budaya yang menentukan jenis manusia, karena boleh jadi ada budaya yang tidak tepat”, ungkap Gubernur.

Sementara itu, Ketua Dewan Kebudayaan Jawa Barat Ganjar Kurnia mengatakan kedepannya DKJB dalam kegiataannya akan memberikan arahan, saran, dan masukan berupa pemikiran untuk pelestarian dan pengembangan budaya di Jawa Barat.

“Kegiatan-kegiatan yang kami arahkan kedepan tentu sesuai dengan fungsi dan tanggung jawab, yaitu memberikan pikiran dalam bentuk dialog. Karena pada dasarnya kebudayaan itu lingkupnya sangat luas, sehingga bisa saja nanti berbagai pandangan juga bisa berbeda. Oleh karena itu, paling tidak kami bisa memberikan berbagai saran, diskusi, dialog, untuk kegiatan pembangunan di Jawa Barat ini”, ujar Ganjar.

Acara pengukuhan ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Ketua DPRD Jawa Barat, Asiten Daerah Bidang Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Barat, para Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jawa Barat, serta para tokoh dan ormas dibidang kebudayaan yang ada di Jawa Barat.

Berikut susunan kepengurusan Dewan Kebudayaan Jawa Barat untuk periode 2014-2019, dengan Sekretariat bertempat di Kantor Dinas Pariwisata & Kebudayaan Provinsi Jawa Barat:

1.Ketua: Ganjar Kurnia
2.Wakil Ketua: Arief Natadiningrat, Asep Warlan
3.Sekretaris: Kepala Dinas Pariwisata & Kebudayaan Jawa Barat
4.Wakil Sekretaris: Kepala Biro Pelayanan Sosial Dasar Setda Provinsi Jawa Barat
5.Anggota: Aat Suratin, Arthur S Nalan, Bambang Wibawarta, Bukcy Wikagoe, Dede Mariana, Vreddy Kastam Marta, Uu Rukmana, Iman Taufik, Iwan Abdul Rachman, Jacob Sumardjo, Miranda Risang Ayu, N Syamsuddin Ch. Haesy, Ina Primiana, R. Franki S Notosudirdjo, Subhanudin Alwi, Yayat Hendayana, Yesmil Anwar, Yus Ruslan Ahmad Djajakusumah.

(sumber:Jawabarat Online)

Check Also

Gubernur Aceh Minta Dinas Terkait Pastikan Harga Daging Meugang Dibawah 130 Ribu Per Kilogram

Banda Aceh, sidaknews.com – Gubernur Aceh Zaini Abdullah meminta dinas terkait untuk memastikan harga daging …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *