Home » Berita Foto » Gubernur Sulsel Sebut Pemilu Bukan Pesta

Gubernur Sulsel Sebut Pemilu Bukan Pesta

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo
Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo menyebut jika pemilihan umum (Pemilu) 2014 ini bukanlah suatu kegiatan seperti “pesta” tetapi menjadi rutinitas dan tanggungjawab negara untuk melaksanakannya.

“Banyak orang selalu mengatakan `pesta demokrasi`, padahal ini bukan pesta karena kalau setiap ada pesta pasti sehari setelahnya itu akan ada banyak sampah, tetapi ini bukanlah pesta,” ujarnya saat memberikan sambutan diacara Silaturahmi Wakapolri Komjen Pol Oegroseno bersama KPU dan Bawaslu se Sulsel dan Sulbar di Makassar, Sabtu.

Ia mengatakan, Pemilu 2014 ini sama seperti pemilu yang sebelum-sebelumnya. Karenanya, semua pihak terkait yang dipilih menjadi penyelenggara pemilu untuk bisa menyukseskannya.

Gubernur mengaku jika para pemangku kepentingan akan siap selalu membantu para penyelenggara pemilu untuk menciptakan proses demokrasi yang bermartabat.

“Penyelenggara pemilu harus menyukseskan tugasnya karena negara telah mengamanahkan tugas itu kepada mereka. Perlu diingat, keberhasilan penyelenggara pemilu itu karena adanya komunikasi yang terjalin antarsemua pihak dan inilah yang harus diintensifkan,” jelasnya.

Karenanya, Gubernur Sulsel dua periode itu selalu menekankan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel serta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk terus menjalin komunikasi dan memantapkan konsolidasi emosional di semua lini.

Selain itu, Gubernur juga mengingatkan kepada semua yang hadir dalam acara silaturahmi itu untuk tidak keluar dari aturan yang telah ditetapkan, baik penyelenggara pemilunya maupun individu yang bertarung di pemilu.

Dia menambahkan jika masyarakat dalam hal ini tokoh agama (Toga) dan tokoh masyarakat (Tomas) harus senantiasa dirangkul dan diintensifkan komunikasinya untuk mengantisipasi adanya riak-riak yang terjadi di lapangan.

Sebelumnya, Wakapolri Komjen Pol Oegroseno yang hadir di tengah-tengah mereka juga menyampaikan kondisi keamanan di beberapa provinsi di Sulawesi masih tetap stabil dan dalam keadaan aman.

Kondisi ini diharapkannya tetap terjaga hingga pelaksanaan Pemilu 2014 usai, baik di pemilihan legislatif maupun presiden.

“Kondisi keamanan secara keseluruhan itu masih aman dan terkendali. Ini harus dijaga sampai pelaksanaan pemilu usai. Saya berharapnya, Sulawesi khususnya Sulsel bisa menjadi contoh penyelenggaraan pemilu yang aman, damai dan tertib di Indonesia,” harapnya.

Mantan Kapolda Sulawesi Tengah itu menyatakan jika selama setahun terakhir ini, Sulsel mampu menjawab tantangan masyarakat luar dimana Sulsel yang selalu mendapatkan citra negatif mampu merubah semua pandangan orang.

Sulsel dikatakannya, mampu melaksanakan pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur di awal tahun 2013 dengan lancar, aman dan terkendali tanpa adanya terjadi kerusuhan seperti yang diprediksikan sebelumnya.

“Pilkada Sulsel akan menjadi barometer karena itu, tidak ada alasan pemilu tidak berjalan lancar di Sulsel. Saya rasa, Sulsel akan menjadi panutan di semua daerah,” jelasnya.(ant)

Check Also

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama tim sukses enam pasang calon, panelis, kepolisian, serta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh melakukan evaluasi debat kandidat terbuka kedua

Dievaluasi, Debat Kandidat Kedua Cagub Aceh

Banda Aceh, sidaknews.com – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama tim sukses enam pasang calon, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>