Rabu , 24 Mei 2017
Home » Berita Foto » Gunung Sinabung Meletus, 3.000 Warga Karo Sumut Mengungsi

Gunung Sinabung Meletus, 3.000 Warga Karo Sumut Mengungsi

poto gunung sinabungSumut,sidaknews.com – Sekitar 3.000 warga harus mengungsi akibat letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Sebagian para pengungsi itu ditampung di sejumlah Jambur (rumah adat Karo), Pendopo, dan Kantor Bupati Karo.

“Yang terdata di penampungan lebih dari 1.800 penduduk. Kemudian kalau ditotal dengan yang menumpang ke rumah warga, lebih kurang ada 3.000-an pengungsi,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumut Asren Nasution saat dihubungi Liputan6.com dari Jakarta, Minggu (15/9/2013).

Untuk saat ini, tambah Asren, BPBD memprioritaskan untuk mengungsikan warga yang berada di 5 desa di sekitar kaki Gunung Sinabung. “Sampai saat ini Pemkab Karo sudah mengarahkan warga ke beberapa Jambur di sekitar Pendopo Kabupaten dan Kantor Bupati,” tambah dia.

Pemerintah, kata dia, sudah menyalurkan sejumlah bantuan untuk para pengungsi. Selain bahan makanan, bantuan yang diberikan juga berupa masker. “Yang sudah disiapkan 10 ribu obat tetes mata dan masker. Kami lihat Dinkes Karo dan Pemprov Sumut sudah menyiapkan bantuan, sementara tidak ada kendala,” tutur Asren.

Gunung Sinabung mulai meletus pada pukul 02.45 WIB dinihari tadi. Tercatat terdapat 255 gempa vulkanik dalam, 16 kali gempa hembusan, 5 gempa tektonik local, 24 gempa tektonik jauh, dan tremor 15 mm. sumber.liputan 6

Check Also

Bupati Soekirman: Dengan Xpansi Kita Tunjukkan Kepedulian Pada Dunia Pendidikan dan Kelestarian Alam

*Pemkab Sergai Gelar Kegiatan Xpansi, Sergai, sidaknews.com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *