Home » Berita Foto » Gunung Sinabung Meletus Lagi, Abu Sampai ke Medan

Gunung Sinabung Meletus Lagi, Abu Sampai ke Medan

Asap abu dari Gunung SinabungSidaknews.com – Tadi malam Gunung Sinabung meletus, Sabtu 23 November 2013. Letusan terjadi sebanyak tiga kali, yaitu pada pukul 21.26, 21.38, dan 22.02 WIB. Abu vulkanik dari kawah Sinabung menyembur setinggi 3,3 kilometer.

Abu itu menyebar sampai ke Medan. Akibatnya cuaca di Medan terasa panas. Bau debu menyengat, terutama di kawasan Tanjung Sari. Debu pun menempel di pakaian para pengendara motor yang melintas. Banyak pemotor yang akhirnya berhenti karena hujan abu bercampur gerimis membuat mata perih dan sesak nafas.

Ini yang kesekian kalinya Gunung Sinabung meletus. TNI dan aparat terkait mengerahkan armada truk menuju empat desa yang direkomendasikan PVMBG untuk dikosongkan, yaitu Desa Kutagunggung, Kutarakyat, Sigarang-garang, dan Sukanalu.

Sore tadi, pengungsi letusan Sinabung mencapai 6.301 jiwa. “Jumlah itu diperkirakan bertambah malam ini karena proses evakuasi terhadap penduduk di empat desa masih berlangsung,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana telah mengingatkan bahwa potensi erupsi susulan Sinabung masih tinggi. Ada dua ancaman dalam letusan Sinabung, yakni material erupsi dan banjir lahar dingin. Abu vulkanik bercampur gerimis membuat mata perih dan sesak nafas.

“Dengan keluarnya lava pijar empat hari terakhir, maka letusan Sinabung akan makin membahayakan. Karakteristik letusannya mirip Gunung Merapi,” kata Sutopo. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menetapkan status siaga (level 3) untuk Gunung Sinabung.
keterangan yang diperoleh media ini tempat dari pengungsian, kurangnya perhatihan pemerintah setempat terhadap situasi dan kondisi disana.(Nal/V)

Check Also

Calon Wakil Gubernur Aceh, Nasaruddin ketika berbicara dihadapan perwakilan masyarakat Pegasing.

Warga Pegasing Aceh Tengah Sepakat Dukung AZAN

Takengon, sidaknews. com – Perwakilan warga Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah menyatakan dukungan untuk pasangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>