Home » Berita Foto » Guru Honor di Karawang Belum Sejahtera

Guru Honor di Karawang Belum Sejahtera

Guru Honor di Karawang Belum Sejahtera
Guru Honor di Karawang Belum Sejahtera

KARAWANG,Sidaknews.com – Tingkat kesejahteraan guru honorer di Karawang saat ini masih jauh dari kata sejahtera. Dari puluhan ribu orang guru honorer di Karawang, baru sebagian guru honorer yang memiliki tingkat kesejahteraan dalam kategori cukup. Terutama, guru-guru yang berada di daerah terpencil. Hal ini diakibatkan keraguan pemerintah dalam menetapkan standar kelayakan terhadap kesejahteraan guru honorer.

Seperti diungkapkan Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) cabang Majalaya Titin Ratna Komala saat berbincang dengan RAKA di Majalaya belum lama ini. Ia selaku ketua komunitas guru di wilayah terpencil Karawang itu berharap kedepan Pemerintah Daerah (Pemda) Karawang bisa lebih serius memperhatikan nasib guru terutama para guru yang statusnya belum PNS.

“Ya selama ini mereka ini hanya mengandalkan gaji dari dana BOS per tiga bulan, sedangkan mayoritas guru honorer ini sudah berkeluarga perlu membiayai anak istri,” kata Titin.

Padahal dulu sebelum pemerintahan Ade Swara menurut Titin guru honor sempat mendapatkan tunjangan rutin dari pemerintah daerah sedangkan saat ini sama sekali tidak ada. Ia berharap ini menjadi perhatian khusus bagi pemerintah agar lebih serius memperhatikan nasib guru honor.

Sementara itu menurut Ketua Forum Tenaga Honorer Sekolah Negeri Indonesia (FTHSNI) Kabupaten Karawang, Ruslan Abdulgani mengatakan ada sebanyak 5.000 guru honorer di Kabupaten Karawang hingga kini belum mendapatkan kesejahteraan yang layak. Pasalnya, para guru tersebut masih menerima gaji sebesar Rp150.000–200.000/bulan di bawah gaji buruh di perusahaan yang menerapkan standar upah minimum kabupaten (UMK).

“Honor rata-rata guru honor didapat dari dana kegiatan Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Karenanya, banyak guru yang mencari tambahan pekerjaan,” ujarnya. Sementara untuk seluruh guru honor yang ada di Karawang diperkirakan lebih dari 5.000 orang. (ega)

Check Also

Ular Phyton yang sudah diamankan warga Tangjung

Penduduk Tanjungkapur Dikejutkan Penangkapan Ular Piton Liar

Bintan, sidaknews.com – Warga setempat menemukan dan menangkap seekor ular piton besar di depan sebuah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>