Sabtu , 25 Maret 2017
Home » Daerah » Aceh » Harga Udang Vannamei Di Bireuen Kembali Turun

Harga Udang Vannamei Di Bireuen Kembali Turun

Udang Vannamei di Peudada, Bireuen, Aceh (Foto, Dok, pemilik tambak)
Udang Vannamei di Peudada, Bireuen, Aceh (Foto, Dok, pemilik tambak)

BIREUEN,ACEH,Sidaknews.com – Bireuen yang memiliki wilayah pertanian dan kelautan yang sangat strategis telah membuat kehidupan warganya manyoritas hidup dari hasil pertanian dan perikanan termasuk tambak, salah satu usaha yang sedang terkenal saat ini di Bireuen adalah bisnis “Udang Vannamei”

Seorang pengusaha tambak udang vannamei di Peudada, Bireuen Saiful Azhari yang di temui media ini tadi pagi Rabu 26/11/2014, mengungkapkan, harga udang vannamei saat ini tergolong menurun.

Harga dalam bulan ini rata – rata per/kilo size 50 Rp. 72.000, size 60 Rp. 65.000, size 70 Rp. 60.000, size 80.000 Rp. 55.000, size 90.000 Rp. 52.000, size 100 Rp. 49.000, ini untuk harga beli pada petani tambak di Bireuen, rinci Saiful, bahkan beredar informasi harga kembali turun dalam minggu ini.

Sebagai petani tambak, kami sangat kewalahan dalam menghadapi spekulasi harga, dengan itu perlu adanya satu tindakan yang konkrit dari pemerintah untuk mengikat harga pada kadar stabil sehingga kami para petani tambak tidak berada dalam dilema, bahkan rugi atau tidak ada untung, tambah Saiful Azhari.

Selain problema harga, udang vannamei juga banyak yang mati pada bulan ini akibat di serang penyakit karena pengaruh cuaca, dengan demikian jumlah udang vannamei tentunya berkurang dari jumlah sebelumnya.

Sedangkan petani dipastikan berada pada posisi rugi, hal ini juga perlu perhatian dari pemerintah, agar para petani tambak terbantu dengan berbagai masaalah yang di hadapi saat ini, dan untuk di ketahui bahwa usaha “Udang Vannamei” terbesar di Aceh adalah di Bireuen, jelas Saiful

Tidak hanya itu, bahkan proyek pertama Udang Vannamei di Aceh adalah di Peudada dalam kabupaten Bireuen tersebut, terang Saiful Azhari yang merupakan salah seorang petani tambak udang vannamei saat ini. (Tarmizi A.Gani)

Check Also

Hadapi Lomba Pembinaan Teritorial (Binter), Dandim 0104/Atim Apelkan Anggota.

Hadapi Lomba Pembinaan Teritorial (Binter), Dandim 0104/Atim Apelkan Anggota

Langsa, sidaknews.com – Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, SE apelkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>