Home » Berita Foto » Hari Pertama UN Tingkat SMA di Karawang Sukses

Hari Pertama UN Tingkat SMA di Karawang Sukses

Ujian Nasional (UN) hari pertama di Karawang
Ujian Nasional (UN) hari pertama Tingkat SMA di Kabupaten Karawang.

KARAWANG,Sidaknews.com – Pelaksaan Ujian Nasional hari pertama yang berlangsung secara serentak di Kabupaten Karawang Jawa Barat, Senin (16/04) berjalan dengan lancar. Dari tiga sekolah yang dikunjungi sidaknews.com , hampir 100% siswa yang terdaftar sebagai peserta UN hadir pada saat pelaksaan UN perdana tersebut.

Tidak ada alasan untuk tidak mengikuti UN kecuali sakit berat yang disertai surat keterangan dari dokter. Di SMA Negeri 1 Teluk Jambe misalnya, tercatat ada dua orang siswa yang tidak ikut UN dengan alasan mengundurkan diri.

Kepala SMAN 1 Teluk Jambe Ace Saechoni S.pd menjelaskan, total peserta UN di sekolahnya berjumlah 534 siswa. Dengan siswa jurusan IPA sebanyak 308 orang dan siswa jurusan IPS sebanyak 224 orang siswa.

“Alhamdulilah hari pertama ini sama sekali tidak ada kendala, kehadiran peserta juga 100 persen, yang dua siswa itu mengundurkan diri,” ujar Ace kepada sidaknews.com di ruang kerjanya.

Begitupun dengan proses Ujian Nasional di SMK PGRI 2 Karawang. Di sekolah tersebut tercatat ada 125 peserta yang mengikuti Ujian Nasional. Namun dari total siswa tersebut, ada sebagian siswa SMK PGRI Klari yang bergabung mengikuti ujian di SMK PGRI 2 Karawang sebanyak 32 siswa. ]

“Hari ini UN di sekolah kita lancar, ada siswa yang tidak ikut tiga orang karena keluar sebelum ujian, kita sudah mencoba mengunjungi ke rumah masing-masing tapi mereka tidak mau ikut ujian,” kata Kepala SMK PGRI 2 Karawang Endang Rohmat diamini Kepala SMK PGRI Klari Husaeni Ibrahim S.pd kepada sidaknews.com di ruang BKK SMK PGRI 2 Karawang usai melaksanakan UN.

Endang menjelaskan, bagi siswa-siswi peserta UN yang tidak ikut UN pada hari pertama tersebut maka dibuatkan surat pernyataan di atas materai untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan. Sejauh yang ia ketahui, dari sekian siswa yang tidak ikut UN itu adalah siswa yang memiliki permasalahan pribadi seperti orang tuanya yang bercerai. “Kalau yang saya tahu gara-gara broken home,” katanya.

Pada pelaksanaan UN hari pertama ini dikabarkan Bupati Karawang Ade Swara, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Karawang Agus Supriatman beserta jajarannya juga turut memantau di beberapa lokasi UN di Karawang. Seperti pantauan media ini di SMAN 1 Karawang, nampak Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdikpora Karawang Drs.Nandang Mulyana turut memantau proses jalannya UN di sekolah tersebut.

Nandang juga sempat memantau seorang siswi peserta UN di SMAN 1 Karawang yang harus mengerjakan UN di ruangan UKS karena tiba-tiba terbaring sakit saat akan mengerjakan soal UN mata pelajaran ke-2. Siswi tersebut diketahui bernama Dini Permatasari.

Menurut keterangan seorang guru, Dini terlihat stres dalam menghadapi UN hari pertama tersebut. “Tadi pas selesai mengisi UN pertama dia muntah, terus tidak sanggup mengerjakan soal di kelas,” kata seorang guru di sekolah tersebut.

Diketahui, total peserta UN di SMAN 1 Karawang berjumlah 284 siswa. dari keterangan seorang guru, pelaksanaan UN di SMAN 1 juga lancar aman dan tertib.

Hal ini juga diakui Kabid Dikmen Disdikpora Karawang Nandang Mulyana, berdasarkan pantauan pihaknya bersama bupati dan kadisdik, pelaksanaan UN di Karawang pada hari pertama ini berjalan lancar tanpa ada kendala berarti. “Hasil pantauan saya dan bupati serta kadisdik, UN hari pertama di Karawang alhamdulilah lancar.

Untuk total peserta UN tingkat SMA yang tidak hadir pada hari pertama kita belum mendapatkan rekap keseluruhan,” ujar Nandang kepada sidaknews.com usai memantau UN di SMAN 1 Karawang.

Seperti diketahui sebelumnya, total peserta UN untuk tingkat SMA/SMK sederajat di Karawang ini berjumlah 22.341 siswa. Total peserta UN ini dibagi kedalam beberapa sekolah yaitu SMA sebanyak 37, SMK 83, dan Madrasah Aliyah sebanyak 18 sekolah. (ega nugraha)

Check Also

Wabup Sergai Darma Wijaya melantik dan mengukuhkan sebanyak 149 Pejabat Administrator Eselon III di lingkungan Pemkab Sergai bertempat di Aula Sultan Serdang kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Kamis (19/1).

Wabup Sergai Kukuhkan dan Lantik 149 Pejabat Administrator

*Darma Wijaya: Laksanakan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan dengan penuh tanggung jawab Sergai, sidaknews.com …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>