Home » Berita Foto » Helman Hadirkan Prof Mudzakir Jadi Saksi Ahli

Helman Hadirkan Prof Mudzakir Jadi Saksi Ahli

sidang helman
Pakar Hukum Pidana, Prof Mudzakir SH MH saat memberikan keterangan dalam kasus dugaan penipuan dan penggelapan di PN Tanjungpinang, Selasa (23/12). Foto: Rindu Sianipar

Tanjungpinang, sidaknews.com – Presiden Direktur (Presdir) PT Hermina Jaya, Helman yang menjadi terdakwa kasus dugaan penipuan dan penggelapan dana reklamasi senilai Rp 3,6 miliar menghadirkan Pakar Hukum Pidana, Prof Mudzakir SH MH sebagai saksi ahli meringankan pada persidangan di PN Tanjungpinang, Selasa (23/12).

Dalam keterangannya, Mudzakir memaparkan ketentuan yang tertuang dalam pasal 372 dan 378 KUHP tentang tindak pidana penipuan dan penggelapan. Meski hanya memberikan gambaran terkait kasus dugaan penipuan dan penggelapan tersebut, Mudzakir berpendapat jika kasus tersebut lebih domain diajukan melalui gugatan perdata yang berawal dari kesalahan administrasi.

“Antara kedua belah pihak ada jalinan kerjasama. Pendapat saya, dari perspektif hukum pidana, jika dana jaminan reklamasi masih ada di bank tidak masalah. Apalagi,uang tersebut telah diblokir dan kepemilikan belum berpindah tangan,” kata Mudzakir menyampaikan pendapatnya.

“Soal uang ditempatkan di bank swasta kemudian dipindahkan ke bank pemerintah itu persoalan lain. Hal itu bisa dilihat dari aspek hukum administratif,” tambah Mudzakir.

Mudzakir juga menjelaskan, terkait penempatan dana reklamasi di bank pemerintah.”Bank Riau-Kepri itu bank daerah, sedangkan bank pemerintah itu BRI, BNI, Mandiri,” ujar Mudzakir.

Selain mendengarkan keterangan saksi ahli, dalam persidangan juga didengarkan keterangan mantan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Kadistamben) Kabupaten Lingga, Dewi Kartika yang sebelumnya penasehat hukum terdakwa, Teguh Suharto Utomo SH dan Suwandi SH keberatan dibacakan jaksa pada persidangan yang lalu.

Sebagaimana diketahui, kasus dugaan penipuan dan penggelapan dana reklamasi senilai Rp 3,6 miliar dilaporkan Chew Fatt, pemilik PT Trans Elite Mineral LTD, rekan bisnis PT Hermina Jaya. Sidang akan kembali dilanjutkan minggu depan.(Rindu Sianipar)

Check Also

Abdullah Puteh ketika menyampaikan orasi politiknya dihadapkan masyarakat Asam Peutek.

Abdullah Puteh: Jangan Takut Dengan Intimidasi

Langsa, sidaknews.com – Menjelang pemilihan Gubernur/wakil Gubernur dan Walikota/wakil Walikota pada 15 Februari nantinya, diminta …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>