Home » Berita Foto » Hukum bank nakal, LPS gandeng Kejagung

Hukum bank nakal, LPS gandeng Kejagung

hukum-bank-nakal-lps-gandeng-kejagung2Sidaknews.com – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menandatangani nota kesepakatan dengan Kejaksaan Agung. Kerja sama itu dijalankan, agar ada tindakan hukum diberikan pada bank gagal yang melakukan pelanggaran hak-hak nasabah. Misalnya, kasus bank perkreditan rakyat bangkrut karena melarikan dana simpanan.

“Sudah waktunya mereka diberikan sebuah shock therapy. Agar pemilik dan pengurus bank lain akan berpikir dua kali kalau mau melakukan tindak pidana yang menyebabkan bank mereka gagal,” kata Direktur Grup Litigasi LPS Arie Budiman di Gedung Bundar Kejaksaan Agung, Jakarta, Selasa, (17/13).

Arie menjelaskan, saat ini LPS sedang menangani kasus bank gagal karena ulah nakalnya sendiri, bersama kejaksaan.

Yakni penggelapan dana nasabah BPR Tripanca Setiadana di Lampung. Dalam kasus itu, LPS mengeluarkan dana lebih dari Rp 347 miliar untuk menggantikan dana nasabah yang hilang.

Sementara itu, Sekretaris LPS Samsu Adi Nugroho, menyatakan, saat ini pihaknya masih fokus terhadap kasus BPR Tripanca Setiadana di Lampung. Walau banyak kasus serupa LPS dan Kejagung berusaha agar menang dalam gugatan terhadap BPR Tripanca, sehingga bisa jadi preseden penanganan bank gagal lainnya.

“Tahap awal memang di Lampung dulu, bahwa sudah berdampak sitemik, kami dari LPS dipercaya karena memiliki dasar hukum ada di Undang-undang LPS sendiri. Oleh karena itu besok sidang gugatannya” tandasnya.

Pemilik BPR Tripanca pada tingkat pengadilan negeri sebetulnya sudah dinyatakan bersalah, namun mereka mengajukan banding.

Berdasarkan putusan pengadilan negeri IA Tanjungkarang tanggal 24 Juli 2009 menyatakan terdakwa Sugiarto Wiharjo dan Podiyono Wiyanto dan RE Sudarman telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana perbankan sebagaimana diatur dalam UU Perbankan.sumber.merdeka.com

Check Also

Ular Phyton yang sudah diamankan warga Tangjung

Penduduk Tanjungkapur Dikejutkan Penangkapan Ular Piton Liar

Bintan, sidaknews.com – Warga setempat menemukan dan menangkap seekor ular piton besar di depan sebuah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>