Kamis , 30 Maret 2017
Home » Daerah » Aceh » Jagung Blang Gandai Bireuen Mencapai Tujuh Ton Per Hektar

Jagung Blang Gandai Bireuen Mencapai Tujuh Ton Per Hektar

Ir. Alie Basyah Kadis Petranian dan Peternakan Kabupaten Bireuen, Aceh menunjukkan jagung hasil panen di Cot Meugoe, Blanggandai, Bireuen, Axeh (Foto, Tarmizi A. Gani)
Ir. Alie Basyah Kadis Petranian dan Peternakan Kabupaten Bireuen, Aceh Menunjukkan Jagung Hasil Panen Di Cot Meugoe, Blanggandai, Bireuen, Axeh (Foto, Tarmizi A. Gani)

Aceh, Sidaknews.com – Hasil usaha pertanian Jagung di Cot Meugoe Blanggandai, Kecamatan Jeumpa, Bireuen-Aceh telah lama menjadi salah satu usaha andalan petani di kawasan tersebut, demikian di utarakan Kadis Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bireuen Ir. Alie Basyah, Jumat 17 Oktober 2014, di temuai di Stan Pamreran dinas tersebut di Komplek Terminal Bireuen.

Salah seorang tenaga teknis lapangan di PT Bisi yang berpusat di Surabaya Azmi, saat di tanya penulis tentang prospek jagung di Cot Meugoe, Blang Gandai, untuk saat ini per hektar mencapai tujuh ton/hektar, jika perawatannya di lakukan sesusi sesuai prosudur maka hasilnya di perkirakan akan mendapati hasil yang lebih.

Di tanya tentang jumlah bibit yang di perlukan untuk keluasan satu hektar, Azmi meberitau, satu hektar tanah petani harus menyediakan bibit 15-20 kg. Menanggapi kebutuhan petani Jagung di Bireuen, Alie Basyah Kadistannak Bireuen, mengatakan jika hasil kunjungan wakil menteri Malaysia baru-baru ini bisa berlanjut ke MoU dan terlaksana di lapangan, maka para petani jagung di kabupaten Bireuen akan terbantu, termasuk dalam segi pendapatan dan ekonomi.

Lahan kita ada, sekarang kita butuh modal untuk petani, mudahan Kerajaan Malaysi bersedia mengembangkan jagung di Aceh terutama di Bireun, pungkas Alie.  (Hasbi/mukarram)

Check Also

Peran Apoteker penting bagi masyarakat didalam Pelayanan

Pangkalpinang, sidaknews.com – Banyak Apotek yang ada hampir merata di Bangka Belitung sangat kurang memperhatikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *