Kamis , 30 Maret 2017
Home » Berita Foto » Jelang Penutupan Operasi Zebra di Karimun Ratusan Pengendara Terjaring Razia

Jelang Penutupan Operasi Zebra di Karimun Ratusan Pengendara Terjaring Razia

Anggota Satlantas Polres Karimun sedang mengisi surat tilang terhadap pengendara sepeda motor yang terjaring dalam razia, di Mapolsek Meral, Senin  (8/12)
Anggota Satlantas Polres Karimun sedang mengisi surat tilang terhadap pengendara sepeda motor yang terjaring dalam razia, di Mapolsek Meral, Senin (8/12)

Karimun,Sidaknews.com – Puluhan kendaraan roda dua (sepeda motor) terjaring dalam razia yang dilaksanakan Satlantas Polres Karimun di Mapolsek Meral, Senin (8/12)sekitar 15.00 WIB.

“Razia berlangsung selama satu jam jelang penutupan operasi zebra dijadwalkan besok 9 Desember 2014, berhasil menjaring hampir 50 sepeda motor,” terang Kaur Bin Ops Satlantas Polres Karimun, Ipda Indra Buana Lubis saat ditemui media ini di lokasi

Dalam razia lanjutnya, rata-rata pengendaraan kendaraan yang ditilang tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM), dan kendaraannya sudah diubah (modifikasi). Oleh sebab itu, tujuan dari razia ini untuk mengantisipasi sepeda motor telah di modifikasi yang digunakan melakukan tindakan kriminal.

“Bukan hanya pelanggaran tidak memiliki SIM dan di modifikasi, juga ditemukan pelajar-pelajar membawa kendaraan yang menjadi target dalam razia ini,”

Disampaikan Lubis lagi, sepeda-sepeda motor yag terjaring razia dalam operasi zebra ini, proses pengeluaran terhadap kendaraannya pelanggar (pengendara) akan menjalani proses persidangan di Pengandilan Negeri (PN) Tanjung Balai Karimun, setelah berakhir pelaksanaan operasi tersebut.

“Memang kita berlakukan tilang ditempat. Namun, untuk melepas atau mengeluarkan sepede motor yang terjaring razia, pengendaranya harus mengikuti persidangan,” ucapnya mengakhiri.

Seperti diberitakan, sejak dimulainya operasi zebra tanggal 26 November sampai 3 Desember 2014, sudah 156 kendaraan terjaring yang langsung ditilang karena melakukan pelanggaran dalam berlalu lintas. Dengan rincian roda dua berjumlah 150 unit, sedangkan roda empat 6 unit.

“Operasi Zebra dilaksanakan untuk penegakan hukum, terhadap pengendara kendaraan roda dua maupun empat yang melakukan pelanggaran di jalan raya. Oleh sebab itu, dalam pelaksanaan operasi diberlakukan dibeberapa tempat dianggap rawan terjadi pelanggaran maupun lakalantas,” terang Kasat Lantas Polres Karimun, Ajun Komisaris Polisi (AKP) I Ngurah Joni.

Sambungnya, pada operasi tidak hanya semata-mata untuk menegakkan hukum saja. Tetapi juga memberikan himbauan kepada masyarakat baik berupa spanduk, brosur serta media massa agar mentaati aturan membawa kendaraannya.

“Himbauan yang disebarkan itu, diharapkan masyarakat harus benar-benar mengikuti aturan dan disiplin dalam berlalu lintas. Dengan demikian, dapat menekan angka kasus lakalantas di Kabupaten Karimun.(An/ALI.S)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Check Also

Tiga Pelaku Pengeroyokan Wartawan Berhasil Ditangkap Polda Sumut

Medan, sidaknews.com – Tiga orang tersangka pelakukasus pengeroyokan terhadap seorang wartawan Inews Tv bernama Adi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *